Tips Lengkap Aman Saat Mudik




Minggu depan mungkin Sobat Tergaptek sudah pada mudik yaa? Mudik atau pulang kampung adalah tradisi yang setiap tahunnya dilakukan untuk merayakan Hari Raya Lebaran bersama sanak saudara di kampung. Mudik dengan menggunakan angkutan umum ataupun membawa kendaraan sendiri harus dilakukan persiapan yang matang agar perjalanan kita menyenangkan, nyaman dan selamat sampai tujuan. Tapi yang paling terpenting adalah kita harus memastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan sehat dan fit.

Berikut ini ada beberapa tips untuk melakukan mudik yang aman :



Mudik Dengan Mobil
Hal-hal yang perlu diperhatikan apabila kita mudik dengan membawa mobil pribadi adalah sebagai berikut :

1. Membuat daftar barang bawaan
Barang bawaan tentunya harus disesuaikan dengan mobil yang akan dipakai. Jangan sampai Sobat membawa barang-barang melebihi batas umum mobil sehingga akan membahayakan kendaraan dan membuat tidak nyaman.

2. Memeriksa kondisi mobil
Sebelum berangkat pastinya Sobat harus mengecek keadaan mobil baik itu ban, rem, oli, kemudi, dll juga tidak ketinggalan untuk membawa kotak P3K. Ada baiknya juga Sobat servis mobil sebelum digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Tidak lupa untuk membawa sparepart cadangan untuk berjaga-jaga apabila ada kerusakan di perjalanan.

3. Membawa surat-surat kendaraan

4. Membawa koleksi lagu yang dimiliki agar perjalanan tidak jenuh

5. Membawa peta jalur mudik yang dilengkapi nomor-nomor penting, info tol, dll

6. Isi tangki air wiper untuk membersihkan debu, atau apa saja yang menempel di kaca mobil. Gunakan air khusus untuk wiper yang betul-betul bisa membersihkan kaca, sehingga tidak menghalangi pandangan.

7. Gunakan sabuk pengaman

8. Selalu istirahat di rest area apabila merasa capek atau mengantuk




Mudik Dengan Kendaraan Umum
Apabila Sobat menggunakan kendaraan umum untuk mudik, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini :

1. Membawa barang seperlunya

2. Bawa uang secukupnya dan hindari memakai perhiasan yang mencolok

3. Jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal. Sebaiknya hati-hati jangan sampai menerima makanan atau minuman yang ditawarkan, Sobat bisa menolaknya secara halus. Hal ini untuk menghindari pembiusan yang sekarang ini marak terjadi.

4. Bagi yang sering mabuk perjalanan jangan lupa untuk minum obat anti mabuk sebelum naik kendaraan

5. Hindari membeli makan di tempat yang sepi, carilah tempat yang ramai untuk menghindari tindak kejahatan yang tidak diinginkan.

Dari kesemuanya hal yang terpenting sebelum berangkat adalah berdoa supaya perjalanan kita selamat sampai tujuan dan tidak ada halangan apapun. Amin

Semoga Bermanfaat ya Sobat..


- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Tips Lengkap Aman Saat Mudik



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

18 Respones to "Tips Lengkap Aman Saat Mudik"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |