Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Berhenti Merokok





Merokok adalah kecanduan yang kuat untuk tubuh dan pikiran. Itulah mengapa sangat sulit untuk berhenti.
Nikotin adalah bahan kimia obat yang terkandung dalam rokok. Pada awalnya, ketika Sobat merokok, nikotin membuat merasa baik. Ini mungkin membuat Sobat ingin merokok lagi. Tubuh mulai membutuhkan nikotin lebih banyak untuk merasa baik. Kemudian merokok bahkan lebih baik untuk terus mendapatkan perasaan menyenangkan.

Berhenti merokok berarti akan menambahkan umur kita, bernapas lebih mudah, dan memiliki lebih banyak energi. Selain itu Sobat juga akan memiliki uang tambahan untuk belanja atau tabungan. Dengan berhenti merokok berarti Sobat akan :
 
  •   Mengurangi resiko kanker, serangan jantung, dan penyakit paru-paru,
  •   Memiliki sirkulasi darah yang lebih baik,
  •  Tidak memiliki bau asap rokok di pakaian dan rambut,
  •  Memberi contoh yang baik bagi anak dan cucu
  •  Memiliki indra penciuman yang lebih sensitif
  •  Anggota keluarga yang lebih sehat, terutama untuk anak-anak dan cucu.
Asap rokok bisa membuat kerusakan paru-paru dan saluran udara, seiring berjalannya waktu perokok akan mengalami kesulitan untuk membersihkan lendir dari saluran udara. Hal ini dapat menyebabkan batuk yang tidak akan hilang. Kadang-kadang ini menyebabkan penyakit paru-paru disebut bronkitis kronis. Merokok dapat memperpendek hidup. Perokok seumur hidup memiliki 1 dalam 2 peluang kematian akibat penyakit yang berhubungan dengan merokok. Merokok dapat  menyebabkan:

 1. Penyakit jantung
Jika Sobat memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi (zat lemak dalam darah) merokok dapat meningkatkan resiko untuk serangan jantung. Berhenti merokok akan sangat menurunkan risiko penyakit jantung.

 2. Kanker
Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, mulut, laring (kotak suara), esofagus, lambung, hati, pankreas, ginjal, kandung kemih, dan leher rahim.

 3. Masalah pernapasan
Perokok lebih mudah terserang flu (influenza), pneumonia, atau infeksi lain yang dapat mengganggu pernapasan. Ini bisa sangat berbahaya, terutama untuk orang tua.

4. Osteoporosis
Perokok wanita dapat menyebabkan resiko osteoporosis lebih besar. Wanita yang menopause cenderung kehilangan kekuatan tulang dan kadang-kadang menyebabkan gangguan tulang melemah. Tulang lemah karena osteoporosis lebih mudah pecah. Selain itu, wanita perokok cenderung mulai menopause lebih cepat dari rata-rata wanita yang tidak merokok.



Setelah berhenti merokok, paru-paru, jantung, dan sistem peredaran darah (arteri dan vena yang mengalir melalui darah) mulai berjalan lebih baik. Resiko serangan jantung, stroke, dan penyakit peredaran darah lainnya mulai turun dalam tahun pertama setelah berhenti. Aliran darah ke tangan dan kaki menjadi lebih kuat. Pernapasan menjadi lebih mudah dalam beberapa bulan setelah berhenti merokok. Resiko kanker dari merokok juga mulai menyusut. Semakin cepat berhenti, semakin besar manfaat bagi kesehatan.

 
Setiap orang berbeda. Temukan apa yang terbaik untuk Sobat. Kadang-kadang menggabungkan beberapa metode adalah jawabannya. Beberapa orang dapat berhenti sendiri. Tetapi ada juga yang memerlukan bantuan dari dokter, klinik, atau kelompok yang terorganisasi.

Langkah pertama adalah membuat keputusan tegas untuk berhenti. Kemudian, memilih tanggal untuk berhenti merokok, dan memilih satu atau lebih metode untuk berhenti merokok. Cobalah untuk mengunyah permen karet sebagai gantinya.


Mari Hidup Sehat Mulai Dari Sekarang..




- Reviewer: Tride Darsono - ItemReviewed: Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Berhenti Merokok



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

22 Respones to "Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Berhenti Merokok"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |