Masalah Ketika Custom Domain dengan Subdomain di Blogspot "Another blog or Google Site is already using this address"



Another blog or Google Site is already using this address Ketika Custom domain di Blogspot menggunakan Subdomain.

Kemarin, ketika ajojing di Grup Adsense Id Blogger Gaptek membaca sebuah wall dari salah seorang yang bertanya tentang bagaimana cara membuat subdomain lalu ada yang menjawab dengan memberikan info tutorial cara membuat subdomain dari blog kang rohman http://kolom-tutorial.blogspot.com/2010/04/custom-domain-blogger-dengan-subdomain.html
Wall di grup tersebut secara tidak langsung membuatku jadi memiliki keinginan untuk membuat custom domain Tergaptek.com ini lagipula kan sub domain itu gratis. Aku langsung menuju blognya kang rohman untuk membaca postingan beliau cara membuat sub domain 'Custom domain blogger dengan Subdomain '

Setelah membaca postingan tersebut aku melihat interface settingan yang sangat mirip dengan settingan di Cpanel domainku dan juga settingannya tidak terlalu rumit pikirku karena hanya menambahkan CNAME RECORD. 

Selesai membaca dan meninggalkan jejak tanda terimakasih di blog kang Rohman sekarang saatnya praktek langsung membuat custom domain yang rencananya aku gunakan untuk mengganti custom domain untuk blogku yang dulu berdomaimn .co.CC.

Sesuai tutorial aku lakukan langkah demi langkah untuk membuat Sub domain di Rumah Web. Langkah-langkah untuk membuat sub domain dari kang rohman (http://kolom-tutorial.blogspot.com) bisa dilihat di spoiler bawah ini
Tutorial Custom Domain Dari Kang Rohman:

* Silahkan login ke kontrol panel domain anda, tentunya dengan username serta password yang telah di berikan.
*  Sorot menu Domains kemudian pilih List All Orders.
list all orders
* Klik pada domain yang ingin anda setting untuk custom domain.
domain
* Klik tab menu DNS, lalu klik tombol Manage DNS, akan muncul halaman baru, kemudian klik tab menu CNAME Records,  lalu klik tombol Add CNAME Record
cname records
* Isi Host Name dengan blog , lalu isi Value dengan ghs.google.com , untuk TTL biarkan saja. Akhiri dengan klik tombol Add Record.

blog

* Hasilnya akan seperti ini :
sub domain
* Untuk setting CNAME pada domain telah selesai, langkah selanjutnya adalah setting pada blog anda yang di blogger.

Berikut cara setting blog anda yang di blogger
* Silahkan login ke blogger dengan ID anda
* Klik Pengaturan untuk yang mau di custom domain
blog indodesigner
* Klik tab Publikasikan
* Klik Domain Ubahsesuaian
publikasikan
* Klik Beralihlah ke pengaturan lanjut
beralih
* Isilah Domain Anda dengan nama sub domain yang tadi disetting DNS nya, Contoh blog.indodesigner.net. Isilah verifikasi kata yang ada dan akhiri dengan klik tombol SIMPAN SETELAN.
blog indo
* Selesai.

Proses Custom domain blogger telah selesai, namun biasanya memerlukan waktu agar blog anda bisa diakses menggunakan domain baru. Proses ini biasanya memakai waktu paling lama 24 jam, namun biasanya dalam 1 jam pun telah selesai, dan blog anda bisa diakses dengan nama subdomain anda.
Selesai memasukkan cname dan ingin setting custom domain di Blogger.com ternyata ada satu masalah yang terjadi ketika aku memasukan ke setting custom domain dengan sub domain yang baru aku buat . Terjadi erorr "Another blog or Google Site is already using this address".

Sedikit kebingunan akhrinya aku searching di Google namun tidak menemukan pencerahan karena hasilnya menggunakan bahasa bule semua dan isinya pun tidak sesuai dengan yang aku cari. Karena tutorialnya malah berisi cara mengatasi Another blog or Google Site is already using this address itu lewat Google Apps untuk settingan domain sedangkan aku tidak menggunakan google apps.

Cara Tergaptek Mengatasi "Another blog or Google Site is already using this address".

Setelah tidak menemukan pencerahan dari hasil pencarian google kemudan iseng-iseng bermain logika aku hilangkan tanda centang di bagian yang mendirect domain tanpa www ke www:  
Redirect com.google.gwt.safehtml.shared.SafeUriStringblablabla 
Eh ternyata berhasil mengatasi erorr yang mengatakan duplikat "Another blog or Google Site is already using this address".

Setting Custom Domain Blogspot Another blog or Google Site is already using this address


Setelah melakukan setting cname dan setting custom domain sekitar sejam setelah pengaturan dilakukan subdomain yang baru saja aku buat sekarang sudah bisa diakses.
Mungkin ada sobat yang tertarik mampir ke subdomain baru Teknik Informatika. Yang isinya hanya kumpulan artikel yang kunilai akan bermanfaat buat perkuliahanku, he.

Oh iya mungkin ada yang belum tahu apa pengertian sub domain : Subdomain adalah
Subdomain menurut id.wikipedia.org :

Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs.

Bahasa Tergapteknya sub domain itu anak / turunan / bagian dari domain awal / TLD .
Misal domain http://Tergaptek.com merupakan domain awal . Lalu ada sub domainnya http:// kuliah.tergaptek.com.

Kuliah.tergaptek.com merupakan subdomain dari tergaptek.com
Oh iya, sebenarnya www. Itu bagian dari subdomain juga gak ya?
#gaptek

Seandainya sobat memilik domain, mungkin sebaiknya buat beberapa subdomain karena subdomain kan bagian dari domain utama kita, jadi apabila subdomain bagus banyak dikunjungi maka domain utama akan terkena imbasnya juga. Semisal rank alexa yg apabila trafik di sub domain kita bagus maka akan memperkecil alexa di domain utama lagipula subdomain kan GRATIS alias Free jadi tidak ada salahnya membuat subdomain.
Salam GapteK - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Masalah Ketika Custom Domain dengan Subdomain di Blogspot "Another blog or Google Site is already using this address"



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

25 Respones to "Masalah Ketika Custom Domain dengan Subdomain di Blogspot "Another blog or Google Site is already using this address""

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |