Tips Memilih Format Fat atau Fat32 Untuk Flashdisk dan Kartu Memori



Memilih Format Memori :  Fat 32 / Fat ?
Dalam memilih format memori atau flashdisk secara default kita memiliki dua pilihan yaitu FAT atau FAT 32. Sobat tergaptek pernah bingung dalam memilih antara Fat / Fat32 saat ingin memformat ?
Kalau pemikiran sobat segaptek diriku kemungkinan sobat akan memilih fat32 karena opsinya terletak di atas dan seperti yang kita ketahui bersama fat32 itu format system yang lebih baru dibandingkan Fat, he.  Tapi tahukah sobat apa perbedaan antara kedua format tersebut saat kita aplikasikan ke memori kita, dan tahukah sobat antara dua pilihan tersebut mana yang lebih baik buat memori / flashdisk?

Kalau menurut pengalaman tergaptekku yang hampir setiap hari berhadapan dengan memori / flashdisk ini (maklum kerja di Ponsel, he). Antara FAT dan FAT32 Yang lebih baik ialah Format Fat32.

Kenapa fat32 menurutku  lebih baik ?
Beda FAT dan FAT 32

  • Seperti yang kubilang di atas, kalau sistem format Fat32 itu lebih baru dibanding Fat. Jadi yang baru  itu cenderung lebih baik dan ada perbaikan dari sistem terdahulu donk,he.
  • Sistem Fat32 bisa menampung lebih banyak file dibanding Fat.  Pengalamanku apabila memori memiliki format FAT aku tidak bisa mengisi memori tersebut sampai batas kapasitas maksimalnya. Misalnya begini ada sebuah memori / flashdisk yang kapasitasnya 1gb (1024 mb) lalu memori tersebut sudah terisi sekitar 800-900 Mb kemudian aku ingin memasukan file yang berukuran 100 Mb an lebih. Kalau menggunakan format FAT kemungkinan akan selalu gagal mengkopikan file tersebut. Namun apabila menggunakan format Fat32, Lancar Jaya tuh untuk mengopikan file tersebut, he

Jadi kesimpulannya apabila sobat ingin memformat memori saran tergaptek seh pilih format FAT32 Akan tetapi apabila untuk handphone lama sejenis Nokia 7600 (Hp Ketupat), Nokia N gage dan kawan-kawan seangkatannya ini maka gunakanlah format FAT karena kalau menggunakan FAT 32 Tidak akan terbaca di handphone "Kartu Memory Rusak".

Secara default memori 4 Gb kebawah menggunakan format Fat ketika baru beli, jadi sebaiknya di format dulu biar gak erorr di kemudian hari.
Semoga bermanfaat


Salam TerGapteK
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Tips Memilih Format Fat atau Fat32 Untuk Flashdisk dan Kartu Memori



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

25 Respones to "Tips Memilih Format Fat atau Fat32 Untuk Flashdisk dan Kartu Memori"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |