Apa Manfaat Belajar Matematika Di Kuliah / Sekolah ?



Matematika (gambar dari search Google)
Sejak lama blogger gaptek 'gundah (istilah alay) ' kalau lagi mempelajari mata kuliah berhitung / matematika yang angka-angkanya sangat ajaib alias sama sekali tidak penting menurutku karena mana mungkin angka tersebut kepake dikehidupan nyata. Misalnya ada hitungan 'Temukan Hp (himpunan penyelesaian) dari bla bla bla ' atau temukan pembuktian bla bla bla dengan hukum bla bla bla.

Dulu juga aku pernah menulis unek-unek tentang manfaat belajar Bahasa pemrograman di Belajar Pemrograman Tidak Penting
Apakah ada juga sobat Gaptek yang berfikiran sama denganku?
Menganggap pembelajaran yang kita terima dari kampus/sekolah sia-sia karena tujuan setelah lulus bukan jadi guru/dosen yang ada kaitannya dengan matematika. Maaf maaf neh aku berfikiran segala pelajaran yang ku dapat dari matematika yang aneh-aneh dan tidak wajar bila diaplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari itu hanya bermanfaat apabila kita kedepannya menjadi pengajar atau sejenisnya yang ada kaitannya dengan ilmu yang kita pelajari sebelumnya. Sedangkan apabila bukan menjadi pengajar ilmu tersebut akan mubazir dan hanya jadi ilmu yang dilupakan sekedar dipelajari di masa lalu dengan tujuan mendapatkan nilai saja.

Matematika itu yang penting kita ketahui ialah yang dasar-dasar saja semisal penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian dsbg. Karena itulah yang terpakai dikehidupan kita sehari-hari. Kalaunya rumus-rumus yang aneh bin unik seperti yang sering terdapat di mata kuliah kalkulus, Aljabar, metode numerik dan lupa lagi, he itu tidak terpakai.

Kegalauan blogger gaptek akan manfaat belajar matematika yang rumit beberapa hari yang lalu sedikit berkurang setelah tanpa disengaja dosenku tiba-tiba mengatakan "sebenarnya apa seh manfaat mata kuliah yang beliau berikan itu" Beliau mengatakan sebenarnya angka-angka atau rumus-rumus aneh itu tidak akan ada manfaatnya dikehidupan sehari-hari. Beliau mengatakan sebenarnya manfaat kita belajar matematika ialah agar manusia berfikir.

Ya, agar kita belajar dan terus berfikir di dalam proses berfikir itu kita akan mendapatkan manfaat-manfaat yang sebenarnya sangat penting untuk kehidupan kita, membuat kita lebih cerdas, lebih tanggap kreatif (bukan Kere Aktif ya,, he) dalam menyelesaikan masalah yang mungkin saja akan kita alami karena semakin banyak belajar maka semakin banyak ilmu sekaligus pengetahuan yang kita dapat (Ilmu dan pengetahuan itu beda lho).

Jadi, walau sebenarnya manfaat belajar matematika itu tidak dapat langsung sobat ter gaptek rasakan dan cuman bikin Bete (buat yang gak suka matematika sepertiku) tapi sebenarnya dengan belajar matematika kita akan berfikir dan itulah tujuan utamanya.


Ayo semangat menghitung, sekalian biar tambah GAPTEK juga, he 
 
Salam TerGapteK
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Apa Manfaat Belajar Matematika Di Kuliah / Sekolah ?



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

15 Respones to "Apa Manfaat Belajar Matematika Di Kuliah / Sekolah ?"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |