CARA BERIKLAN DI INTERNET



CARA BERIKLAN DI INTERNET

 Cara beriklan merupakan sebuah cara pemasaran yang paling sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, Iklan bisa muncul di semua media baik itu ' cara beriklan di Internet ',di media cetak ,ataupun digital. Di Televisi saat aku menonton sebuah acara di tv tiba-tiba dipertengahan acara tersebut ada yang bilang "Mau tahu kelanjutan kisahnya?, Jangan kemana-mana tetap di Opera Van Javaa....". lalu alur ceritanya tiba-tiba berubah dengan yang aku saksikan sebelumnya di acara tersebut, sama sekali tidak ada kolerasi dengan konten sebelumnya.

Secara Gapteknya itulah iklan di media televisi, 'sebuah konten berbeda yang bisa tampil di antara konten2 lainnya' .  lalu bagaimana kalau cara beriklan di internet ? apa juga akan seperti cara beriklan di televisi yang menampilkan konten yang sama sekali tidak ada relevansinya dengan sebuah acara utama? Jawabannya bisa ya bisa tidak.

 Blogger gaptek, karena 24 jam sehari berhubungan dengan internet , juga merasakan kehadiran sebuah iklan di setiap acara seluncur (Browsing) ke setiap konten yang aku lihat di internet. Saat aku membuka Facebook terlihat di pojok kanannya ada sebuah banner mini yang sama sekali tidak aku kenali. Nah... itulah contoh cara beriklan di internet dengan facebook. Melalui sebuah media internet yang banyak dikunjungi orang ,para advertiser mencoba menawarkan produknya .Para advertiser tertarik dan berlomba-lomba untuk beriklan di internet sebuah website yang sangat ramai dikunjungi orang , targetnya ialah konten iklan mereka diharapkan akan banyak di lihat oleh pengguna internet. Target para advertiser tercapai karena iklannya memiliki impressi yang sangat tinggi tapi jangan lupakan sifat manusia yang cuek bebek ketika melihat iklan dari media yang tidak mereka kenali, mereka hanya asyik melihat konten yang ada di facebook ,sedangkan iklannya sama sekali tidak di hiraukan.  Dapat dikatakan cara beriklan di internet lewat facebook seperti itu kurang efektif.

Analoginya cara beriklan di internet dengan kehidupan nyata seperti ini:

Saat blogger gaptek berkunjung ke rumah teman . Di tengah jalan aku melihat ada spanduk yang luar biasa besar. Di baleho besar tersebut ada iklan bertulisan "Merokok dapat menyebabkan kehamilan gagal jantung, kurapan dan kawan kawan". Beberapa detik (tidak sampai semenit, he) Aku memang menengadah dan melihat spanduk tersebut dan membaca tulisan yang ada di situ tapi tidak terlalu aku hiraukan lagi.

.Lanjuut lagi perjalanannya.. setelah beberapa waktu akhirnya aku sampai ke rumah temanku itu. Karena sudah janjian satu bulan sebelumnya Temanku sudah menunggu di rumahnya dengan sigap , waktu aku datang dia sedang bobo pulas,. wkwkwkw.

Menunggu temanku (sebut saja utuh, nama samaran) bangun dari bobonya aku duduk-duduk di depan rumahnya sambil ngemut permen lolipop yang tinggal puntungnya doang. Tanpa di duga saat aku asyk menunggu utuh, bokapnya utuh datang dan aku teringat "Kayaknya aku kenal neh dengan orang tulisan ini".

Di kaos puth yang dipakai bapanya utuh itu tertulis dengan cetakan sablon hitam di bold "Merokok dapat menyebabkan kehamilan gagal jantung, kurapan dan kawan kawan"

Waduuuh,Kalau Bapaknya utuh yang lulusan kedokteran Jerman (Kuliah 6 tahun di Jerman) make kaos yang ada tulisan itu. Berarti kalimat itu bener dong kalau merokok dapat menyebabkan kehamilan dan kawan-kawan. Kemudian aku menanyakan dengan bapaknya utuh, tentang kalimat yang terltulis di kaosnya tersebut, Bapak Utuh tidak langsung menjawab pertanyaanku, setelah aku bertanya beliau masuk ke kamar dan mengambil Netbook lalu menutup pintu dan tirai/jendela lalu menyuruhku masuk (Blogger gaptek mulai  cemas,panik dan berpikir yang engga'engga, jangan jangan neh kataku).

Setelah ruangan terlihat gelap ternyata bapak utuh menyalakan netbooknya lalu membuka slide power point dan lewat sebuah proyektor menampilkannya ke dinding. Ohhh itu to alasan kenapa tirai dan pintu di tutup .

Di slide yang beliau presentasikan tertampil dengan jelas, apa apa saja bahaya dari kegiatan meroko untuk anak remaja seperti aku, beliau menyampaikan dengan jelas dan membuatku sangat percaya lalu berfikir seribu kali kalau di ajak merokok oleh teman-teman.

Nah,, dari analogi tidak jelas di atas tersebut, apa yang bisa sobat gaptek ambil kesimpulan??

Di atas aku memberikan dua contoh penyampaian sebuah kalimat, penyampaian kalimat yang pertama ialah lewat media baleho / spanduk, kalau di ibaratkan dengan cara beriklan di internet, penyampaian kalimat dengan cara pertama itu memiliki impressi / kemungkinan kalimat dibaca yang sangat besar dibandingkan dengan penyampaian cara kedua yaitu dengan cara di sablon dan di pakai oleh seseorang yang benar-benar tau tentang kesehatan. Tapi dampak dari keduanya juga sangat jauh, kalau untuk dampak tentu cara penyampaian kedua lebih bagus karena dari satu tampilan mendapatkan 1 feedback (Kalau bahasa cara beriklan di internet , cara ke 2 memiliki CTR 100 % sedangkan cara ke 1 memiliki ctr yang sangat rendah).


Nah, buat para advertiser nih yang sedang bingung dengan Cara beriklan di Internet, saranku sih cari teknik seperti sablon kaos di atas (kenapa aku sering menyebut kaos dalam postinganku kali ini? jawabannya karena aku ingin kaos dari IBN. he he). Yaitu sebuah teknik beriklan di internet yang lebih mengena,dekat dihati, dan dipercaya oleh pembacanya.


Caranya beriklan di internet yang paling baik ialah melalui media blogger, kenapa blogger lebih baik daripada media besar yang pengunjungnya wah....(misalnya beriklan di internet lewat google addword atau iklan facebook)?Jawabannya:
Karena kebanyakan blog itu dirawat dengan baik oleh blogger (penulisnya),  konten blog berisikan pengalam pribadi / opini , tulisan ditulis dengan hati, bukan hanya bertujuan banyak pengunjung, jadi secara langsung blog terasa lebih dekat dihati pembacanya. Di blog pun terjadi interaksi timbal balik yang di sukai para pembaca sehingga pembaca sebuah blog akan seperti kenal dengan penulis blog itu, sebuah atmosfer yang tidak didapatkan di situs-situs besar yang pengunjungnya jutaan itu. Blogger adalah agen SOI (Sphere of Influencer), dalam ranah online, posisi blogger untuk menyebarluaskan berita/informasi/persepsi/insight tidak beda dampak / pengaruhnya dibandingkan dengan media mainstream.

Anda sangat tertarik dengan model beriklan di internet lewat blogger-blogger berkualitas indonesia?
Tapi anda (advertiser) bingung dimana bisa mendapatkan cara beriklan di internet seperti yang aku sebut di atas?

Aku post bukan tanpa solusi untuk ada, ada sebuah media iklan lewat internet yang sangat aku rekomendasikan dengan jaringan publisher dari kalangan blogger-blogger berkualitas yang sudah memiliki banyak pembaca setia dan sangat dekat dengan para netter indonesia ,  Yaitu dengan melalui Idblognetwork.com

Cara beriklan di internet - Idblognetwork
Idblognetwork adalah media beriklan di internet dengan cara melibatkan blogger-blogger indonesia untuk membantu penyebaran/spread marketing campaign dengan cara pemasangan banner dan penulisan review / testimonial dari blogger-blogger yang berkualitas dan sesuai dengan kriteria yang dicari advertiser.

Masih kurang tertarik karena belum tahu sepak terjang idblognetwork ?
Baiklah, karena zaman sekarang ialah jaman pembuktian (Jangan ngomong tanpa bukti) berikut ini ialah beberapa jejak perjalanan idblognetwork sejak didirikan :

Idblognetwork didirikan oleh mereka yang berpengalaman dan sudah berkecimdalam industri online media digital dan Teknologi .
Idblognetwork adalah startup yang didirikan pada bulan agustus 2010 dan meluncurkan marketing campaign perdana pada awal bulan september, sampai saat ini desember 2010 telah dan sedang melayani marketing campaign brand seperti Telkom Flexi, Simpati Telkomsel, XL Blackberry Free Roaming, Kartu AS Telkomsel , iPhone 4 Telkomsel , Google Maps Telkomsel , Nokia OviLife Tools, Nokia N8 dan E5 dan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (KemenBudPar) RI.


Jadi, cara beriklan di internet yang paling tepat untuk advertiser-advertiser ialah dengan Idblognetwork sebuah media dengan jaringan publisher-publisher berkualitas. Produk / iklan anda akan dilihat oleh pembaca setia dari seorang blogger berkualitas yang masuk ke dalam jaringan idblognetwork. 


Karena produk anda muncul di blog yang berkualitas, maka para pembaca blog itu merasa tertarik dengan produk yang tampil  atau ditulis oleh blogger tersebut. Ibarat contoh bapak utuh di atas yang membuat aku percaya dengan kalimat yang ada di kaosnya karena aku merasa sudah kenal / dekat dengan beliau ,selain itu juga apa yang diungkapkan beliau terpercaya karena basic pendidikan beliau adalah kedokteran jadi apa yang beliau lakukan akan menjadi teladan dan merasa dekat di hati.

Jangan lupakan dampak naiknya tingkat kepercayaan terhadap produk anda setelah produk anda diulas oleh seorang blogger. Lewat cara beriklan di internet melalui media blogger-blogger berkualitas. Keunggulan selanjutnya dengan cara beriklan seperti ini ialah para advertiser juga bisa memilih blog mana yang benar-benar sesuai dengan produk mereka sehingga iklan mereka tepat sasaran
.
Sungguh cara beriklan di internet yang luar biasa dan satu-satunya di Indonesia. semuanya bisa didapatkan lewat IDBLOGNETWORK.

Keuntungan buat blogger karena turut serta dalam cara beriklan di internet di jaringan publisher Idblognetwork buktinya :

Buka-bukaan Penghasilan Bloggger Gaptek Dari NgeBlog Bulan Desember 2010!
Bayaran Kedua Dari Idblognetwork - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: CARA BERIKLAN DI INTERNET



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

10 Respones to "CARA BERIKLAN DI INTERNET"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |