Metodologi Penelitian Teknik Informatika (Contoh Tugas)




Kali ini Blogger Gaptek akan mencoba sedikit share salah satu tulisanku sebagai pemenuhan tugas Mata kuliah  Metodologi Penelitian di jurusan Teknik Informatika (TI) ,karena tidak jadi dikumpul jadi aku masukan saja di sini, mungkin juga bisa bermanfaat buat sobat yang juga mengambil jurusan teknik informatika

Sebelumnya aku mau memaparkan sedikit motivasi aku menulis hal ini didalam metodologi penelitian:

Blogger gaptek gerah dengan perkuliahan yang terlihat monoton, sama seperti zaman Baheula. Belum banyak dosen atau mahasiswa yang menerapkan media internet secara maksimal , Misalnya saja pada saat pembagian materi, kebanyakan dosen masih mengandalkan hard copy sebagai medianya  atau membagikan soft copy, tapi secara manual (dikasih kesalah satu mahasiswa lalu di sebarkan), padahal bisa dengan menggunakan media Internet, entah itu melalui media email ataupun dosen yang bersangkutan membuat sebuah web blog pribadi lalu mempresentasikan (mempublish) materi kuliahnya lewat blognya tersebut. apa keuntungan kalau menggunakan media internet dibandingkan dengan cara konvensional? 

pasti ada diantara sobat yang berpikiran begitu! kan ribet kalau harus buka email atau buka blog cuman untuk mendapatkan materi kuliah! 

Kalau ada sobat yang berpikiran begitu sobat aku sebut tidak layak kuliah di jurusan teknologi informatika, 

Kenapa aku bilang begitu?

karena kita mahasiswa Ti ialah mahasiswa yang sangat erat dengan perkembangan teknologi jadi kita  bahkan dosen juga, sudah mulai harus dibiasakan akrab dengan media internet dalam proses belajar mengajar, apa sobat mau kalau kelak ada yang bertanya
" Mas cara kirim email gimana? subject itu apa maksudnya? cc itu di kosongkan apa diisi? atau mas cara melihat email yang sudah dihapus gimana?" TAPI SOBAT tidak bisa menjawab!
email hanyalah salah satu contoh saja, masih banyak fasilitas internet yang bisa kita manfaatkan dala proses belajar, Jangan cuman bisanya maen facebook doang
, Anak sd juga bisa maen Facebook!

Nah lanjut lagi ke isi tulisan metodologi penelitanku di bawah ini, memang tata cara penulisanku belum benar dan belum layak dikatakan sebuah karya ilmiah metodologi penelitian tapi ada poin yang secara tidak sengaja sama dengan apa yang dikatakan dosen hari ini, diantaranya ialah : Pa dosen yang mengusulkan kalau perpustakaan kampus di ubah  dan ditambah sebuah pusat komputer untuk mencari informasi!

kalimat yang diucapkan dosenku sebenarnya sudah aku tulis jauh sebelum dosen tersebut masuk .

kalimat tersebut sudah aku tulis dalam latar belakang masalah Metodologi penelitan: Mahasiswa akan lebih tertarik dan senang apabila disuruh mencari atau membaca bahan untuk kuliah dari internet dibandingkan apabila disuruh mencari bahan dari tumpukan buku yang ada di perpustakaan kampus.
Untuk diketahui , aku sama sekali tidak mengubah satu katapun yang ada dibawah ini, semua isi sama dengan apa yang aku print.


Mungkin memang benar layaknya dilakukan penelitian tentang sejauh mana Dosen, Staf , dan Mahasiswa menggunakan internet dalam proses pembelajaran. Kalau dari hasil penelitian tersebut diketahui kalau hanya sedikit yang memanfaatkan internet sebagai media penunjuang perkuliahan , ada baiknya kita sama sama mengubah cara belajar seperti itu, bukan bermaksud apa apa, cuman agar kita terbiasa saja agar kelak setelah lulus kita tidak kikuk saat berhadapan dengan Apa itu yang dinamakan kemajuan teknologi informasi.

Berikut ini Metodologi Penelitian yang aku buat, maaf karena langsung aku kopas dari WORD OFFICE jadinya metodologi penelitiannya kelihatan hancur, he.


Tugas Metodologi Penelitan TI
Pemanfaatan Internet sebagai Salah Satu Sarana Belajar dan Mengajar Mahasiswa Jurusan Teknologi Informatika Di Fakultas Dakwah Iain Antasari Banjarmasin

A.     Latar Belakang Masalah
Semakin lama perkembangan Teknologi informasi kian berkembang pesat, salah satu dari hasil perkembangan yang pesat itu ialah INTERNET.
Internet  sebagai jaringan komputer global digunakan sebagai media informasi yang sangat handal dan cepat.
Menurut pengamatan saya pada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri  Antasari Banjarmasin Falultas Dakwah Jurusan Teknologi Informatika TIDAK  ADA YANG TIDAK TAHU APA ITU INTERNET dan hampir semua mahasiswa menggunakan fasilitas internet minimal 2 kali dalam seminggu, bahkan kebanyakan menggunakan internet dijadikannya sebagai aktifitas rutin setiap hari , karena sekarang ini internet bukan hanya dapat di akses melalui Pc tetapi juga bisa dapat di akses dengan mudah melalui ponsel yang berdasarkan pengamatan saya 80 % memiliki ponsel yang sudah memiliki pasilitas wap atau fitur gprs untuk mengakses internet.
Dari pengamatan saya di atas dapat dikatakan kalau media internet merupakan sebuah media yang dapat digunakan mahasiswa dengan mudah untuk mendapatkan informasi dengan cepat . keunggulan internet selain mudah dan cepat ialah lebih melekat dengan karakter mahasiswa sekarang ini. Mahasiswa akan lebih tertarik dan senang apabila disuruh mencari atau membaca bahan untuk kuliah dari internet dibandingkan apabila disuruh mencari bahan dari tumpukan buku yang ada di perpustakaan kampus. Terlebih lagi bagi mahasiswa jurusan teknologi Informatika yang kebanyakan mata kuliahnya sangat erat hubungannya dengan perkembangan teknologi dan tidak banyak informasi yang di dapat kalau membaca hanya dari buku yang ada di perpustakaan.
Ssudah seharusnya Dosen dan Mahasiswa menggunakan internet sebagai penunjang proses perkuliahan

B.Pembatasan masalah
Di dalam penelitian ini menggambarkan bagaimana pemanfaatan internet yang sudah dilakukan oleh Dosen ataupun mahasiswa saat melakukan proses belajar dan mengajar di Jurusan Teknologi Informatika Fakultas Dakwah Iain Antasari Banjarmasin. Penelitian ini dibatasi hanya dilakukan dengan obyek sampel  Mahasiswa aktif Jurusan teknologi informatika angkatan pertama (2008)

C. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah maka perumusan masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini ialah :
Bagaimana internet sebagai media pencarian dan penyebaran informasi yang dapat diakses mahasiswa setiap saat dapat membantu proses kuliah di  Jurusan Teknologi Informatika.

D. Tujuan Penelitian
Tujuan dalam penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut:
Untuk menganalisis sudah sejauh mana Internet di fungsikan sebagai penyebar informasi dan pencari informasi untuk menunjang perkuliahan mahasiswa Fakultas Dakwah Iain Antasari Banjarmasin jurusan Teknologi Informatika angkatan pertama


E . Metode Penilitian
Metode penelitian dilakukan lewat wawancara dan atau Angket yang dilakukan dengan 20 mahasiswa TI

F. Manfaat Penelitian

·         Sebagai penambahan wawasan mengenai penggunaan internet di kalangan Mahasiswa Iain Antasari Banjarmasin
·         Sebagai patokan penetapan standar kompetensi dosen dan mahasiswa untuk perkuliahan Jurusan Teknologi Informatika angkatan selanjutnya
·         Mengetahui sejauh mana mahasiswa menggunakan internet sebagai media penunjang dalam mengerjakan tugas kuliah
·         Mengetahui sejauh mana para dosen menggunakan media internet dalam penyampaian materi kuliahnya
·         Mengetahui proses pembelajaran yang di inginkan mahasiswa pada saat pemberian materi dan pengumpulan tugas-tugas kuliah.

Nb : Alhamdulillah dari mata kuliah Metodologi Penelitian ini aku mendapatkan nilai A walau di saat terakhir aku mengganti materi Metodologi Penelitian dengan materi yang membahas WEBSITE KAMPUS IAIN ANTASARI
SALAM GAPTEK
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Metodologi Penelitian Teknik Informatika (Contoh Tugas)



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

14 Respones to "Metodologi Penelitian Teknik Informatika (Contoh Tugas)"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |