Cara Mengambil Tampilan / Screenshot Blog Penuh Tanpa Terpotong (Full Screenshot)



Terkadang sebagai seorang blogger kita memerlukan tampilan atau screenshot dari blog kesayangan kita, misal untuk promosi atau sekedar share tampilan blog kita. Ada banyak cara untuk mengambil sebuah screenshot dari tampilan blog kita , Yang paling simpel ialah dengan cara menekan  tombol prtsc ysrq (print screen) yang ada di papan keyboard, namun cara tersebut memiliki kekurangan , pakai prtsc ysrq itu tampilannya tidak bisa penuh satu halaman , yang muncul hanyalah gambar yang lagi tampil dimonitor.

Pada kondisi tertentu kita memerlukan sebuah screenshoot satu halaman web secara penuh tanpa terpotong , dengan prints screen sepertinya itu tidak memungkinkan jadi kita harus menggunakan cara lain.

Caranya  ialah menggunakan tool online atau Add On, Jadi tidak perlu repot ambil screenshot lalu kopi paste lagi seperti Print Screen karena hanya dengan memasukan link url blog kita yang akan diambil screenshotnya ke web tersebut maka jadilah screenshot blog kita secara full tanpa terpotong ! Namun kekurangannya mengambil screenshot melalui website pihak ketiga ialah loading yang lumayan lama dan juga terkadang erorr.

Kalau sobat GAptek ingin mencoba mengambil screenshot blog secara online, bisa menuju salah satu situs penyedia tool untuk mengambil screenshot sebuah halaman di internet seperti :
atau
Caranya : masukan alamat blog sobat kedalam form yang ada di dua alamat website diatas kemudian pilih resolusi /ukuran  hasil gambar  yang diinginkan.

Selain menggunakan tool online , sobat bisa juga menggunakan Add ons dari firefox yang bernama Screengrab!
Setelah menginstal add on screengrab, untuk mengambil screenshoot tinggal klik kanan lalu ada opsi untuk menyimpan halaman web, bisa full satu halaman tanpa terpotong ataupun di pilih (crop) sesuai keinginan sobat bagian mana yang ingin diambil dengan sangat mudah. 

Silahkan sobat gaptek coba download add on screengrab di:
Download AddOns Screengrab : https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/1146

keuntungan menggunakan addon screengrab dibanding pakai tool online dari Thumbalizr.com dan Webshotpro.com ialah kita tidak perlu menunggu load yang lama bahkan antri lagi untuk mengambil screenshot full satu halaman.

Menurutku cara terbaik dan termudah mengambil full screenshot halaman web / blog ialah dengan menggunakan cara terakhir yaitu dengan add on.

Update :

Add on untuk mengambil screenshot halaman blog yang lebih keren dari Screengrab dan kompatibel dengan mozilla firefox 4 ada Awesome Screenshot . Add on ini jauh lebih keren daripada semua tool diatas karena memiliki fitur untuk langsung mengedit hasil screenshoot serta untuk langsung menguploadnya di DIIGO serta untuk share ke Facebook dan Twitter.
Tool Editing
Tool Share Screenshot

Untuk menggunakannya sobat bisa menuju ke Addon Awesome Screenshot Membuat Screenshot Full Tanpa Terpotong lalu download addonnya (Firefox dan Chrome)
Semoga bermanfaat
Salam Gaptek
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Cara Mengambil Tampilan / Screenshot Blog Penuh Tanpa Terpotong (Full Screenshot)



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

29 Respones to "Cara Mengambil Tampilan / Screenshot Blog Penuh Tanpa Terpotong (Full Screenshot)"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Ayead Blogger TerGaptek Banjarmasin |