Belajar Pemrograman Tidak Penting ! Tidak Menghasilkan Kalau....



 Mungkin ada beberapa Sobat gaptek yang belum tahu apa itu pemrograman,Baiklah disini aku akan mencoba sedikit memberikan sedikit sudut pandang terhadap pemrograman walau  memang menurut Blogger gaptek belajar pemrograman itu tidaklah terlalu penting dan juga tidak memberi manfaat karena aku lebih prefer untuk mendalami html,css atau pemrograman berbasis web dan yang berhubungan tentang internet yang tentunya akan memberikan manfaat yang nyata dan aku sendiri sudah mendapatkan rupiah dari hasilku belajar html dan mulai ngeblog walaupun masih belum seberapa , kecuali kalau sobat berkeinginan untuk menjadi dosen ataupun pengajar pelajaran pemrograman. Sebagai pembuktian coba sobat tanyakan kepada dosen atau teman sobat yang sudah lulus kuliah, "apa yang didapat dari hasilnya mendalami bahasa pemrograman?, entah itu pascal,delphie,c++ dan lain sebagainya." Mungkin jawabannya akan tidak ada, atau paling bagus jawabannya ada tapi sangat jarang.

Kenapa demikian?
karena dalam pemrograman, sebagai seorang programer kita dituntut untuk menjadi seorang yang benar benar ahli agar bisa di lirik orang. Kalau sobat cuman bisa membuat aplikasi hitungan,program parkir atau aplikasi standar lainnya sudah dapat dipastikan ilmu itu sama sekali tidak akan terpakai karena aplikasi-aplikasi standar semacam itu jauh sebelum kita belajar pemrograman sudah ada yang pernah membuatnya, jadi kalau sudah ada yang pernah buat, untuk apalagi dibutuhkan seorang programer dalam membuat aplikasi yang notabene sudah ada!. yang terpenting dalam pemrograman ialah kreatifitas dan kecekatan dalam menghadapi perkembangan zaman kalau kita tidak kreatif, ilmu yang didapat hanya akan jadi sebuah ilmu yang tidak bisa dimanfaatkan. lalu yang menurutku paling mengikuti perkembangan ialah belajar memasuki dunia online atau khususnya dunia blog atau web (Nah, aku tertarik di situ, jadi untuk belajar bahasa pemrograman semacam Pascal,delphie,Visual Foxpro C++ dll aku kurang berminat) .

Bayangkan saja aku memiliki seorang sobat muda yang berpenghasilan ratusan dollar perbulannya dari hasilnya ngeblog, apa yang dibutuhkannya? pascal ,delphi??
ha ha ha semua itu sama sekali tidak terpakai, yang diperlukan ialah mengerti html atau di wordpress php dan kreatifitas.


Aku juga posting tentang penghasilanku dari ngeblog yang bisa dibilang Sangat Lumayan di tulisanku Buka Bukaan Penghasilan Tergaptek Dari Blog


Nah, sekarang untuk sobat gaptek yang lagi kuliah dan sedang mempelajari bahasa pemrograman, pernah terlintaskah di angan-angan sobat  "Kalau sudah lulus, nanti ilmu ini mau dibawa kemana?"
walau kalau ilmu,memang apapun itu bagus untuk dipelajari.

Nah tulisanku kali ini bukan bermaksud mengecilkan hati sobat yang ingin atau sedang belajar bahasa pemrograman , tapi cuman mengingatkan kalau belajar pemrograman tidak akan ada manfaat kalau tidak disertai kreatifitas.Kalau sobat belajar pemrograman tapi tidak kreatif dan memiliki sesuatu yang baru / unik , paling tinggi sobat akan jadi dosen atau guru yang mengajar pemrograman yang tujuannya hanya berbagi ilmu, bukannya membuat sesuatu aplikasi yang bermanfaat untuk bisa digunakana oleh sesjuta umat (kaingatan kasus dai sejuta umat tadi nah di acara gosip pagi, ha ha.


Diakhir tulisanku aku akan meyertakan sebuah resuman tidak pentingku tentang Belajar Bahasa Pemrograman :



Pemrograman dan Bahasa Pemrograman Terpilih

  Di zaman sekarang computer merupakan sebuah alat yang bisa digunakan hampir semua orang dan menjadi sebuah perangjkat yang wajib dimiliki di lingkungan kerja apapun terutama perkantoran. Pada zaman Baheula dulu pengoperasian komputer masih sangat sulit sehingga dibutuhkan seorang programmer khusus untuk mengoperasikan komputer.

 Namun kini dengan hadirnya aplikasi yang mutakhir dan teknologi visual programming atau GUI, user tidak perlu lagi susah memahami baris kata untuk menjalankan sebuah operasi di komputer  Tapi dengan hadirnya kemudahan tersebut bukan berarti seorang programmer tidak diperlukan lagi. Pekerjaan sebagai seorang programmer masih tetap eksis sampai sekarang dan nanti karena teknologi komputer terus berkembang.

Rechenberg mengklasifikasikan pemrograman menjadi :

  • Berorientasi Prosedur
  • Berorientasi fungsi
  • Berorientasi logic
  • Berorientasi objek

 Masing masing memiliki kelebihan dan fungsinya masing-masing tapi terkadang kita membutuhkan kombinasi dari beberapa metode pemrograman tersebut untuk membangun suatu aplikasi.

Belajar Pemrograman

 Dalam memulai belajar pemrograman tidaklah ditentukan harus memulai dari bahasa program apa terlebih dahulu dan yang perlu diingat ialah belajar / mengajar bahasa pemroraman berbeda dengan belajar / mengajar pemrograman.

DAlam belajar pemrograman, Derek Andrew memberikan rambu-rambu sbb:

“Kita tidak belajar atau mengajar bahasa pemrograman , Tetapi belajar atau mengajar :
  • Bagaimana memecahkan masalah
  • Bagaimana mendesain system
  • Prinsip-prinsip bahasa pemrograman
  • Teori semantic
  • Teori pemrograman

Jadi keberhasilan dalam belajar pemrograman ialah menguasai bagaimana cara memprogram, Bukannya hanya menguasai atau belajar apa bahasa programnya tersebut.

Semoga Bermanfaat
SALAM GAPTEK
Mending ngeBlog daripada belajar pemrograman

- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Belajar Pemrograman Tidak Penting ! Tidak Menghasilkan Kalau....



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

12 Respones to "Belajar Pemrograman Tidak Penting ! Tidak Menghasilkan Kalau...."

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |