3 Setting Komentar Yang Perlu Diubah di Blog Sobat Tergaptek (Blogspot)



Perlukah Memasang Kode Verifikasi Di Blog? 
Mempersulit Sobat Blogger Yang Berkunjung

Saat Blogger gaptek browsing lewat HP, aku menemukan postingan yang menarik untuk dibaca dan ingin memberi sedikit komentar disana, Komentar sudah tertulis lalu siap di post namun ketika di klik muncul 'WORD VERIFICATION' , okelah nulis kode kode itu karena aku memang niat bgt untuk komen di blog sobat tersebut. kode sudah benar tertulis, namun komentarku tidak muncul yang terjadi malah hanya reload page  (mungkin ini salah satu bug yang ada di operaMINi dan perI  BUGS BESAR OPERAMINI 5 FINAL buat para blogger
). Dengan begitu untuk membuat komentar aku harus memasukan lagi kode verifikasi yang mengganggu tersebut.

Lalu apakah aku mau MEnulis dan memasukan kode verifikasi lagi?
jawabannya tentu TIDAK.

Dari sepenggal pengalamanku di atas dapat dibuat sebuah pertanyaan
'perlukah memasang kode verfikasi di blog atau dengan kata lain Mempersulit berkomentar?'

Komentar merupakan salah satu yang membuat blog kita hidup karena biarpun postingan banyak dan data statistik menunjukan Page View yang banyak, tetapi kalau kita melihat blog kita tidak ada komentarnya pasti merasa HAMPA .

Memasang kode verifikasi di kolom komentar untuk menangkal dari serangan SPAM, tapi kalau kita masih Baru di dunia blogging (bukan blog seleb,   Trafik pun kebanyakan dari blogwalking yang memang mengharapkan kunjungan balasan plus komentar dari blog yang baru kita kunjungi) aku rasa tidak perlu dulu lah pasang kode verifikasi itu karena tentunya akan membuat  SEBAGIAN orang yang ingin berkomentar di blog kita malah berpaling dan tidak jadi berkomentar di blog kita dikarenakan ribet, misalnya saat setting komentar kamu belum ada opsi untuk berkomentar dengan menggunakan Name / Url lalu ada blogger yang berkunjung di blog kamu dan dia sedang berada di warnet / komputer umum dan tidak sedang login akun google hanya sekedar ingin browsing2 ria saat berkomentar di blog sobat tentu saja tidak bisa kecuali login dulu, terebih lagi untuk visitor yang menggunakan hp tentu sangat menyulitkan.


Selengkapnya Ada Tiga setting default Komentar dari Blogspot yang menurutku perlu di ubah / Ditambahkan :


1.) Hilangkan  Form Verifikasi di Kolom Komentar

Secara default blogspot akan menerapkan kode verifikasi di komentar kita, jadi mungkin banyak sobat newbie kayak aku ini yang belum merubahnya

kalau sobat sependapat dengan aku lalu mau merubahnya,

Cara Menghilangkan Verifikasi Form Komentar :

1. Masuk Dashboard blog sobat

2. .Pilih SETTING-->COMMENT

3.  Pada menu  'SHOW WORD VERIFICATION' pilih 'NO'

show word verification?

2.)  Mengubah Tidak Perlu Login Akun Google Dulu Untuk Pengomentar, Buat Agar Name / Url dan Anonymous Bisa Berkomentar 

Selain menghilangkan kode verifikasi menurutku sebaiknya juga di setting agar semua orang bisa komentar di blog kita termasuk ANONYMOUS tujuannya agar orang yang malas memasukan ID / Login Akun Google juga bisa turut berkomentar. Apalagi kalau orang lagi berada di warnet / tempat umum yang rawan penyadapan tentu sangat riskan untuk login akun Google (Blogger) hanya untuk membubuhkan komentar di blog sobat, Tentu dia akan batal membubuhkan komentar. Lagipula akan menjengkelkan juga untuk berkomen dengan akun blogger saja, karena orang tidak bisa langsung melihat Url Kita seperti halnya bila ada opsi Name / Url .
Caranya : 
Masih didalam menu Setting - Comment
Centang pilihan 'Any One' pada opsi'who cant comment' agar semua orang bisa komentar termasuk anonymous.


Who can comment?



Update Cara mengubah Setting Komentar di Blogspot Tampilan Baru 2012





mengubah setting komentar blogspot dengan tampilan baru
Perlu tidaknya memasang kode verifikasi di kotak komentar merupakan opini dariku yang masih newbie dan sering merasa agak dipersulit waktu browsing lewat hp lalu mau memberikan komentar di blog sobat karena adanya CAPCAY di kolom komentarnya.
Jadi mungkin saja opini aku berbeda dengan opini sobat semua.
Atau Selain memasang kode verifikasi kalau sobat takut banyak komentar berjenis spam, Mungkin akan lebih baik membuat komentar di moderasi saja agar setiap komentar tidak langsung muncul. Selain itu blogspot juga sudah ada fitur baru dalam mengelola komentar spam yang masuk sehinga tindak tanduk para spammer akan sedikit terhalang oleh fitur ini.


Dan ini neh setting tambahan ketiga yang menurutku perlu diterapkan di blog sobat


3.) Menambahkan Button Form Komentar Klasik (Pop Up Window) di Blog

Form Komentar yang lagi Eroor , tidak muncul opsi untuk memilih komentar sebagai apa:

Model form komentar di Blogger (Blogspot) memiliki kekurangan yang parah, yaitu sering erorr tidak muncul kolom komentarnya, apalagi yang memasang verifikasi , terkadang frame untuk kode verifikasi erorr tidak bisa di scroll untuk mengetikan captcha.
Oleh karena itu perlu ditambahkan secara manual button untuk memunculkan form komentar klasik (Pop Up Window Komentar) agar walaupun form komentar erorr / tidak muncul . Pengunjung blog kita bisa tetap berkomentar melalui form komentar klasik.

Cara memasang button untuk form komentar klasik (pop up window komentar ) bisa sobat lihat di Membuat Button Untuk Memunculkan Form Komentar di Blogspot



Terimakasih
semoga bermanfaat
TerGaptek.coM

Nb : Ini merupakan Repost , dari postingan ku setahun yang lalu :). Ku Publish kembali hari ini karena , ternyata masih banyak blog-blog yang setting defaultnya belum diubah adminnya.

Update : Interface blogger sudah berubah namun caranya hampir sama saja kok, tinggal di impropisasi saja,, wkwk
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: 3 Setting Komentar Yang Perlu Diubah di Blog Sobat Tergaptek (Blogspot)



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

225 Respones to "3 Setting Komentar Yang Perlu Diubah di Blog Sobat Tergaptek (Blogspot)"

«Lebih lama  
‹Lebih lama
  1 – 200 daripada 225   Terbaru›   Baru»
«Lebih lama ‹Lebih lama   1 – 200 daripada 225   Terbaru› Baru»
 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |