PASCAL : Deklarasi Pengenal dan Konstanta




Pada postingan kali ini kita akan mempelajari salah satu komponen dalam bahasa pascal yaitu variabel/peubah dan konstanta. variabel atau peubah adalah suatu alamat memori yang digunakan untuk menampung data atau jika ibaratkan variabel itu seperti halnya dengan tempat/wadah, contoh gelas. gelas adalah variabelnya dan air adalah datanya dengan jenis data zat cair. Nah…untuk pemberian nama peubah itu adalah bebas tetapi harus sesuai dengan ketentuan pemberian nama identifier (pada postingan sebelumnya). pengenalan variabel dalam bahasa pemrograman pascal diletakkan pada awal program, adapun ketentuan cara pengenalannya adalah sebagai berikut :
Bagian deklarasi perubah diawali dengan kata baku Var yang berarti variable atau perubah. Bentuk umum deklarasi perubah adalah :
Var daftar_pengenal : tipe data;

Contoh :
Untuk mendefinisikan perubah A,B,C dan D sebagai perubah dengan tipe data real; X,Y dan Z dengan tipe data integer; dan P dan Q dengan tipe data Boolean dapat ditulis sebagai berikut :
Var A,B,C,D : real;
X,Y,Z : integer;
P,Q :Boolean;
Yang perlu kita ingat dalam deklarasi variable adalah :
  1. Var harus muncul dalam bagian deklarasi.
  2. Var harus dituliskan setelah definisi type ( jika ada) dan sebelum deklarasi procedure atau function (jika ada).
Deklarasi Konstanta
Konstanta merupakan variabel yang mempunyai nilai yang tetap meskipun telah dilibatkan dalam beberapa kali operasi aritmatika ataupun logika. Untuk mendeklarasikan sebuah konstantan, kata baku yang kita gunakan adalah const. Dalam pemrograman turbo pascal, dikenal dua macam konstanta yaitu :
1. Konstanta Tak Bertipe
Konstanta tak be1rtipe adalah suatu konstanta yang nilainya tertentu dan tipenya tidak secara jelas disebutkan. Sebagai contoh dalam perhitungan luas lingkaran kita mengenal bilangan 3.14 dan jika bilangan ini beberapa kali muncul dalam suatu perhitungan rumus kita dapat memberikan sebuah nama untuk memanggilnya, missal  Phi
Maka program akan lebih mudah untuk dipahami. Definisi konstanta phi dapat ditulis sebagai :
Const phi =3.14;
Deklarasi konstanta tak bertipe mempunyai bentuk umum :
Const nama_pengenal=nilai;2
Contoh deklarasi konstanta :
Const FaktorKerjaLembur =1.1;
Maxkerja =60;
Maxgaji =35000;
2. Konstanta Bertipe
Konstantan bertipe adalah suatu konstanta yang selain ditunjukkan nilainya juga dinyatakan tipe datanya. Bentuk umum deklarasi konstantan bertipe adalah :
Const pengenal : tipe data=konstanta;
Contoh penggunaan konstantan bertipe :
Const cacah : integer =100;
Factor : real = 0.1;
Tunda : char = #3;

Konstanta bertipe sesungguhnya adalah perubah dengan nilai yang tetap, maka tidak bisa saling dipertukarkan dengan konstanta biasa (konstantan tak bertipe). Perhatikan contoh berikut :
Const awal : integer = 1;
Akhir : integer = 100;
Type vector =array[awal . .akhir] of real;
Dalam contoh di atas, deklarasi vector adalah salah karena awal dan akhir adalah konstanta bertipe (yang sesungguhnya perubah).

SUMBER: - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: PASCAL : Deklarasi Pengenal dan Konstanta



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

1 Respones to "PASCAL : Deklarasi Pengenal dan Konstanta"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |