Tumben, Roy Suryo Bela Blogger



JAKARTA - Tindakan perusahaan elektronik besar dunia Sony Corp, yang mensomasi blogger Indonesia Sony AK ternyata menyita perhatian Anggota Komisi I DPR RI Roy Suryo.

Jika biasanya Roy Suryo berseteru dan selalu bertentangan dengan para blogger, kali ini Pokja Kominfo tersebut membela blogger Indonesia Sony Arianto Kurniawan, atau yang biasa disebut dengan Sony AK, yang dituduh menggunakan merek dagang Sony Corporation sebagai domain dalam blog-nya, sony-ak.com.

"Tindakan Sony Corp mensomasi blogger saya nilai berlebihan. Jika merujuk undang-undang informasi dan transaksi elektronik, apa yang dilakukan Sony sudah benar adanya," tulis Roy dalam pesan singkatnya kepada okezone, Jumat (12/3/2010).

Menurut Roy, dalam data yang digunakan Sony untuk meregister domain sony-ak.com dianggap sudah cukup sesuai dengan UU ITE, terutama pada bab 6 pasal 23 ayat 1 hingga 3.

"Sony sudah memakai nama asli dan tidak berniat negatif terhadap Sony Corp," tandas Roy.

Dalam bab 6, yang mengatur nama domain, hak kekayaan intelektual dan perlindungan hak pribadi tertulis,

1. setiap penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, dan/atau masyarakat berhak memiliki Nama Domain berdasarkan prinsip pendaftar pertama.

2. Pemilikan dan penggunaan Nama Domain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus didasarkan pada iktikad baik, tidak melanggar prinsip persaingan usaha secara sehat, dan tidak melanggar hak Orang lain.

3. Setiap penyelenggara negara, Orang, Badan Usaha, atau masyarakat yang dirugikan karena penggunaan Nama Domain secara tanpa hak oleh Orang lain, berhak mengajukan gugatan pembatalan Nama Domain dimaksud.

Berdasarkan pasal-pasal tersebut, Roy Suryo menganggap somasi Sony Corp terhadap Sony AK dinilai berlebihan.

Sebelumnya diberitakan, pihak Sony Corp mengajukan gugatan kepada blogger Indonesia bernama Sony Arianto Kurniawan karena domain yang digunakan dalam blog-nya dianggap melanggar merek dagang perusahaan elektronik terbesar di Jepang tersebut.

Hingga saat ini, blog Sony-AK masih bisa diakses dengan postingan terbaru pada 11 Maret 2010. Bahkan dalam blog Sony AK juga telah diberikan notifikasi bahwa sony-ak.com tidak memiliki afiliasi apapun dengan Sony Corp Jepang.

Jika ditelusuri lebih dalam, dalam blog tersebut tidak ada satupun yang berhubungan dengan nama Sony Corp maupun produk-produk elektronik keluaran perusahaan Jepang tersebut.


SUMBER:http://techno.okezone.com - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Tumben, Roy Suryo Bela Blogger



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Tumben, Roy Suryo Bela Blogger"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |