Telkom Fasilitasi Ujicoba UN Online



JAKARTA - Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) banyak memberikan kontribusi positif pada dunia pendidikan, khususnya proses belajar mengajar. Salah satunya adalah berkembangnya cyber teaching  atau pengajaran maya alias menggunakan internet, serta  e-learning yaitu model pembelajaran menggunakan internet.

Memanfaatkan fasilitas internet bagi komunitas sekolah, khususnya pelajar SMP dan SMA dalam menghadapi Ujian Nasional (UN), Telkom menggelar Try Out UN dengan sistem on line yang yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional M. Nuh dan Executive General Manager Divisi Counsumer Service Barat (EGM DCS Barat) Mas'ud Khamid,  di  Gedung TELKOM Jalan Gatot Subroto Jakarta, Jumat (12/3/2010) malam.

Pada kesempatan pertama ini, 150 siswa SMA mengikuti Try Out On Line secara off air. Mata ujian yang diujicobakan merupakan mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional, seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Selain itu, Biologi, Fisika, Kimia untuk jurusan IPA dan Ekonomi, Sosiologi dan Geografi untuk jurusan IPS.

Menurut  EGM DCS Barat, Mas'ud Khamid, pelaksanaan Try out UN yang pertama kali dilakukan di Indonesia dengan menggunakan sistem on line ini merupakan salah satu wujud Telkom dalam menjalankan fungsi sosisalnya melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), khususnya dalam dunia pendidikan.

"Hal ini juga sejalan bisnis TELKOM yang telah memposisikan sebagai penyelanggaran bisnis T.I.M.E (Telecommunication, Information, Media and Edutainmet)," ungkap Mas'ud Khamid.

Program Try Out UN Online ini diharapkan Mas'ud Khamid dapat mendukung pogram pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mencapai tingkat kelulusan yang lebih tinggi melalui uji coba soal ujian Nasional. Try Out UN Online ini akan dilaksanakan mulai tanggal 15-20 Maret 2010, sedangkan UN telah dijadwalkan pada tanggal 22 hingga 26 Maret 2010.

"Dengan mengikuti Try Out on line, siswa SMA diharapkan lebih siap dalam menghadapi UN sehingga bisa mendapatkan nilai UN yang lebih baik," tutur Mas'ud.

Try out on line ini dapat diakses oleh seluruh pelajar melalui akses internet Telkom Group, yaitu Telkom Instan (TENI), Speedy, FlexiNet maupun Flash di wilayah Sumatera, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.  Pelajar dapat mengakses website  http ://tryout.telkomspeedy.com/.
"Saat masuk website, user diwajibkan mendaftar sebagai peserta try out untuk mendapatkan soal UN. User hanya boleh log in satu kali untuk satu mata pelajaran," ujar Mas'ud.

Mas'ud menambahkan untuk saat ini pelaksanaan Try out hanya dilakukan di wilayah barat, yaitu Sumatera, Jabodetabek dan Jawa Barat. "Untuk tahap selanjutnya diharapkan dapat dilakukan secara nasional dan disiapkan materinya bagi siswa SMP," tambah Mas'ud.

Selama enam hari pelaksanaan Try out on line, akan diuji satu mata pelajaran  per hari. Waktu pelaksanaannya selama 24 jam dan sejak mulai log in  masing-masing peserta hanya bisa mengakses selama 140 menit.

Dari masing-masing mata pelajaran akan disiapkan dua paket soal untuk pengaturan random soal yang akan diperoleh peserta setelah log in. Nilai try out akan keluar setelah peserta mengerjakan seluruh soal per mata pelajaran.  Untuk pembahasan soal pun akan tampil pada waktu yang telah ditentukan setelah periode Tryout berakhir


SUMBER:http://techno.okezone.com - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Telkom Fasilitasi Ujicoba UN Online



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Telkom Fasilitasi Ujicoba UN Online"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |