Mencicipi Komputer dalam Genggaman di N900



BANGKOK - Sudah menjadi agenda rutin tahunan, Nokia menggelar Showcase. Untuk tahun ini produsen ponsel terbesar di dunia itu mengadakannya di Bangkok, Thailand.

Dalam hajatan itu, Nokia memperkenalkan beberapa layanan dan handset terbarunya yang sudah masuk ataupun segera masuk ke Asia Tenggara dan Asia Pasifik.

Di Nokia Showcase 2010 kali ini, yang cukup menyita perhatian pengunjung acara selain beberapa layanan Ovi Store adalah booth dari N900. Ponsel cerdas buatan Nokia ini menjadi incaran beberapa pemburu berita dari Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Bangladesh. Kebanyakan dari mereka penasaran dengan kelebihan sistem operasi Maemo yang dibenamkan di N900 tersebut.

Kebetulan okezone yang mengikuti acara tersebut juga ikut penasaran dengan ponsel cerdas yang hanya dijual di beberapa negara saja itu, dan coba untuk menjajalnya. Kesan pertama yang terlihat adalah, N900 terlihat elegan dengan desain warna hitam pekat dengan kelir glossy di pinggirannya. Tampilan itu membuat ponsel ini terlihat wah. Apalagi dengan ukuran layar sebesar empat inci, membuat N900 nyaman dalam genggaman.

Soal kemampuan, okezone tentunya sangat tertarik dengan user interface (UI) di N900 ini, apalagi dengan dukungan dari Maemo. Sebetulnya, tidak berbeda jauh UI antara N900 dengan apa yang ada di N97, namun di N900 tentunya ada beberapa aplikasi tambahan yang terasa asing bagi pemakai ponsel dengan basis Symbian.

Ponsel ini hadir dengan tampilan sliding papan ketik qwerty yang sangat kecil, karena sudah habis dimakan layar besarnya. Namun papan ketik di qwerty ini ada beberapa yang hilang fungsinya, tapi sangat nyaman di tangan saat melakukan pengetikan. Jarak dan ukuran kata yang besar membuat mengetik cepat tidak ada masalah.

Selain qwerty, layar di N900 juga hadir dengan teknologi layar sentuh. Akan tetapi sungguh disayangkan, teknologi layar sentuh yang dihasilkan masih resistance, yang artinya selain masih membutuhkan stylus, sentuhannya juga tidak maksimal walaupun saat scroll ke atas dan ke bawah sangat cepat.

Perangkat genggam ini juga menyediakan qwerty touch dengan versi penuh. Untungnya, N900  masih bisa diselamatkan dengan fitur multitasking yang sangat mumpuni. Di ponsel ini pengguna bisa membuka 'jendela' semaunya yang dapat menjankan fitur secara bersamaan. Saat okezone membuka hingga lima jendela, tidak ada masalah dengan booting maupun ketika menyalakan musik.

Yang sangat menyita perhatian, selain Maemonya yang merupakan sistem operasi terbuka, adalah disematkannya browser Fennec yang merupakan browser Firefox versi mobile pertama. Kemampuan Fennec bisa okezone katakan sangat luar biasa, sebab Fennec berhasil memindahkan browser Firefox di desktop pada ponsel. Artinya, kendati namanya browser mobile namun kemampuannya setara dengan di desktop. Bukan hanya itu saja, Fennec mampu menjalankan video dengan format fvl sangat cepat tanpa bantuan tambahan lainnya. Saat okezone menjalankan video di video.okezone.com dan youtube, gambar yang dihasilkan sangat sempurna, dengan hanya sedikit patahan di gambarnya.

Tentu produk ini menyimpan pertanyaan di benak Anda, apakah N900 akan hadir di Indonesia? Tunggu saja laporan selanjutnya langsung dari Bangkok



SUMBER: http://techno.okezone.com - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Mencicipi Komputer dalam Genggaman di N900



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Mencicipi Komputer dalam Genggaman di N900"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |