Cara Belajar Matematika, Fisika, dan Kimia (MaFiA) yang Baik



 Untuk dapat mempelajari ketiga mata pelajaran yang masuk dalam kategori sains ini secara baik, kita harus memiliki landasan yang menjadi awal pembelajaran ketiga mata pelajaran ini. Hal pertama yang harus kita lakukan ialah mengubah pandangan kita terhadap ketiga mata pelajaran ini. Setiap kali kita mendengar dan melihat ketiga mata pelajaran tersebut, pastinya satu hal yang muncul dibenak kita, yaitu kata susah, sulit, dan membosankan. Sebenarnya ketiga mata pelajaran ini merupakan pelajaran yang menarik jika kita dapat mengikutinya dengan baik. Dalam ketiga pelajaran ini, satu hal yang pasti dibutuhkan yaitu rumus. Rumus itu sendiri sebenarnya tidak perlu kita hafalkan, namun kita cerna dan mengerti dengan baik. Dalam 3 pelajaran ini, hal yang pasti yang perlu kita ketahui adalah konsep. Konsep adalah hal yang sangat penting dalam pelajaran sains ini. Kenapa? Karena Konsep itu merupakan kunci awal yang menjadi landasan dalam ketiga mata pelajaran ini. Bila kita belum mempelajari konsep yang ada dan diberikan, berarti kita juga belum belajar pelajaran-pelajaran yang diberikan. Selain itu, Untuk belajar sains harus kita juga harus ikut serta dalam proses siklus metodologi sains, yaitu Observasi/eksperimen, mencari pola/keteraturan dalam data, merumuskan hipotesis/model, melakukan prediksi berdasarkan hipotesis/model untuk diperiksa kembali dalam observasi/eksperimen.
Tips-tips yang dapat kita gunakan dalam mempelajari MaFiA ini dengan baik :
1. Pahami Konsep
Ini syarat utama dan tujuan kita belajar sains. Konsep itu apa ? Penjelasan panjang lebar dan bertele-tele mengenai suatu pokok bahasan itu adalah konsep. Sederhananya seperti itu… ingat ya, ibarat perang, konsep itu amunisi alias peluru. kalau kita tidak punya amunisi, kita pasti kalah. Kalau kita belum paham konsep, kita belum belajar sains. Dan tentu saja kita akan kalah dalam pertempuran melawan soal-soal yang diberikan
2. Buatlah peta konsep
Peta konsep adalah rangkuman yang teman-teman bikin mirip peta untuk menunjukkan posisi sub pokok bahasan. Dengan membuat peta konsep, kita akan lebih mudah mendefinisikan posisi pemecahan masalah yang benar.
3. Pahami penurunan rumus
Coba pahami bagaimana suatu rumus diturunkan. tujuannya agar kita tahu dari mana asal rumus tersebut.
4. Jangan Menghafal Rumus
Sebaiknya kita jangan menghafal rumus, apapun itu. Memang kadang kepada kita tidak dijelaskan konsep dengan baik, tapi hanya disodorkan rumus. Secara tidak langsung kita disuruh menghafal rumus. Ini gawat ! Hal ini akan menjebak kita. Kita akan terkena akibatnya ketika kita menemukan soal yang tidak cocok dengan satu rumus pun. Padahal kita punya banyak kumpulan rumus. Percuma kita menghafal rumus jika kita tidak mengerti konsep yang diajarkan. Rumus itu hanya perlu dimengerti.
5. Latihan dari soal-soal yang ada
Kalau kita mau cari, banyak buku di pasaran yang bagus untuk dipelajari. Pilih buku yang banyak latihan dan pembahasannya. Karena soal eksak menuntut kita banyak berlatih. Dan tentunya kita juga harus berlatih dengan benar. Latihan yang benar adalah dengan cara mencoba mengerjakan dulu, baru kemudian lihat pembahasannya.
6. Mencari teman belajar
Dengan begitu, kita dapat bertukar pikiran dengan teman. Hal ini akan memudahkan kita dalam mencerna dan memahami suatu materi pembelajaran.


SUMBER http://the7heaven.wordpress.com - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Cara Belajar Matematika, Fisika, dan Kimia (MaFiA) yang Baik



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Cara Belajar Matematika, Fisika, dan Kimia (MaFiA) yang Baik"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |