Hindari Facebook Fan Check Virus



Baru saja saya menerima tips tentang aplikasi facebok yaitu Fan Check. Dikatakan di sana kalau aplikasi facebook fan check adalah virus dan sebaiknya dihindari dengan alasan apa pun. Aplikasi ini akan menyebarkan virus malware dan spyware ke situs yang menggunakannya. Dugaan virus ini hanya diberitakan oleh beberapa blog seperti devicemag.com. Namun anehnya, McAfee dan Symantec tidak menerima laporan akan kebenaran virus fan check ini.

facebook_fan_check

Diduga virus ini akan bekerja jika anda mencoba untuk mengaksesa plikasi facebook di apps.facebook.com / fancheck yang dulu dikenal dengan StalkerCheck. Anda akan mendapat pesan seperti ini "FanCheck is adding new features and new capacity. This could take a few days. Please become a fan, and we’ll send you an update when we’re back online". Kira-kira kalau dalam bahasa Indonesia artinya adalah "FanCheck sedang menambahkan fitur baru dan kemampuan baru. Ini bisa memakan waktu beberapa hari. Jadilah seorang penggemar, dan kami akan mengirimkan pembaruan ketika kami sudah kembali online".

Menurut sumber berita mashable, akun facebook anda akan terinfeksi virus jika memilih untuk menjadi seorang penggemar atau become a fan. Anda dapat mencari berita lain dengan frasa "facebook fan chek virus" di google. Namun berhati-hatilah karena banyak sekali situs yang siap menyerang anda dengan malware.

Saya percaya kalau ini sudah diatur oleh para spammer. Biar gampang saya berikan ilustrasi cara kerjanya seperti ini, pertama mereka menciptakan virus di facebook fan check dan dilanjutkan dengan menciptakan anti virusnya di internet untuk di download oleh pengguna facebook yang merasa kena virus. Apa yang terjadi? Benar sekali, pengguna facebook tersebut justru masuk dalam perangkapnya dengan mendownload anti virus yang justru penuh dengan virus malware. Sangat pintar bukan twisted..

facebook_fan_check_search_results
Barangkali anda pernah mendapat tawaran menggunakan aplikasi yang mengaku dapat memberitahukan siapa saja yang pernah mengunjungi profil facebook anda dan ternyata aplikasi tersebut mengatakan untuk sementara tidak bisa berfungsi dengan baik karena kebijakan facabook. Yakinlah bahwa semua aplikasi yang mengatakan seperti itu adalah scams. Di sisi lain, spammers dan malicious hackers memanfaatkan situasi ini dengan menciptakan situs yang mengaku sebagai anti virus dari fan check seperti yang saya jelaskan di atas. Akibatnya, facebook anda kena phising, virus dan kena malware lainnya, demikian juga dengan komputer anda. Saya pernah menerima tawaran aplikasi facebook namun saya abaikan karena setelah diperiksa dengan anti virus dan mywot, aplikasi yang ditawarkan tersebut ternyata mengandung virus malware.

Nah selain memeriksa aplikasi facebook dengan antivirus dan mywot, cara lain adalah dengan tidak menggunakan aplikasi facebook Fan Check Application. Setelah itu, jangan mencari "Fan Check Facebook virus" di internet karena kebanyakan dari situs temuan anda justru penyebar virus.

SUMBER:LINTASBERITA - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Hindari Facebook Fan Check Virus



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Hindari Facebook Fan Check Virus"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |