Perbedaan Statistik dan Statistika



Mungkin kita sudah mengenal yang namanya statistik dan statistika. Tetapi apakah anda bisa membedakan antara keduanya? supaya tidak salah lagi bagaimana membedakan statistik dan statistika mari kita bahas di sini dan saat ini juga.

Kita mulai dari kata statistika, pengertian statistika adalah metode ilmiah yang mempelajari cara mengumpulkan, mengelola, menghitung, menganalisa, dan juga menarik kesimpulan tentang data. Statistika menurut fungsinya di bagi menjadi dua yaitu statistika deskriptif dan juga statistika inferensia.

Dimana statistika deskriptif (statistika deduktif) hanya sebagai statistika yang menggambarkan dan menganalisis kelompok data tanpa adanya penarikan kesimpulan mengenai kelompok data yang lebih besar. Sedangkan Statistika Inferensia (statistika Induktif) adalah statistika yang menyangkut teknik penggambaran dan analisis kelompok data dengan fungsi menarik kesimpulan. Untuk kata Statistik saja dapat kita artikan sebagai ukuran yang dihitung dari sekumpulan data dan merupakan representative/perwakilan dari data tersebut.

Saya ambil contoh dari sebuah iklan yang sering muncul di TV “90 % wanita menggunakan shampoo XX sebagai pilihannya”. Dalam hal ini, persentase wanita tersebut merupakan ukuran yang disebut sebagai statistik tadi. Saya ambil contoh lagi, Misalkan Rata-rata Tinggi badan Kelas A adalah 159 cm, Rata-rata tersebut merupakan statistik. Masih banyak lagi contoh lainnya yang bisa kita ambil tapi dua contoh tadi sudah cukup untuk menggambarkan tentang arti statistik.

Baiklah, dari penjelasan statistik dan statistika di atas, maka kita bisa membedakan antara keduanya

-Statistika adalah ilmunya sedangkan statistik adalah ukurannya

-Statistika merupakan metode ilmiah yang berkaitan dengan data, sedangkan statistik adalah kumpulan angka-angka mengenai suatu masalah, dan dapat memberikan gambaran mengenai masalah tersebut.

Ok, mudahan anda sudah bisa membedakan antara statistik dan statistika. Jadi sekarang kita bisa lanjut lagi ke penjelasan selanjutnya yang berkaitan dengan statistik.

Semoga bermanfaat buat anda, Happy Statistik
SUMBER:http://e-statistik.com/perbedaan-statistik-dan-statistika/ - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Perbedaan Statistik dan Statistika



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Perbedaan Statistik dan Statistika"

 

exchange link

Masukan Alamat Email sobat untuk selalu mendapatkan info tergaptek:

lazada.co.id

© 2012 TerGapteK.CoM All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Ayead Blogger TerGaptek Banjarmasin |