Belajar Command Prompt (Tampilan)



Belajar Command Prompt (Tampilan)

Cara Belajar
Shy_SkateL
Setelah Shy_SkateL lama tidak memberi postingan pada blog cara belajar ini, membuat blog ini terjun jauh dari halaman depan google T_T, mungkin karena kesibukan saya belajar dan bermain :D, tapi itu diperlukan karena saya baru saja selesai menghadapi "Exam". Nah, sekarang saya akan melanjutkan postingan saya tentang Command Prompt yang dulu sempat tertunda, mungkin saya akan segera memberikan cara belajar batch program, yang sangat berhubungan erat dengan command prompt. Kali ini saya akan memberikan cara untuk belajar merubah tampilan pada command prompt.

Okay!, kalau kamu bosan dengan tampilan Command Prompt yang begitu-begitu saja, saya akan memberikan sebuah cara untuk menghilangkan kebosanan itu. Dalam Command Prompt, anda dapat merubah warna, ukuran dan title dari command prompt itu sendiri, yaitu anda dapat merubahnya dengan memasuki menu properties pada command prompt, cara untuk masuk ke menu properties, anda dapat mengklik kanan pada title command prompt atau mengklik kanan command prompt pada taskbar. Anda juga dapat mengganti/merubah tampilan command prompt dengan cara menggunakan perintah CMD, berikut caranya :

Command : Color

Syntax
color xy


dimana xy merupakan sebuah value yang menunjukkan warna,
x = Background
y = Font
berikut daftar value warna :

0 = Black 8 = Gray
1 = Blue 9 = Light Blue
2 = Green A = Light Green
3 = Aqua B = Light Aqua
4 = Red C = Light Red
5 = Purple D = Light Purple
6 = Yellow E = Light Yellow
7 = White F = Bright White

Jika anda menuliskan hanya satu value
color 2

maka secara default background akan menjadi hitam dan tulisan(font) menjadi berwarna hijau (2=green), atau apabila anda hanya mengetikkan "color" maka warna akan menjadi default, yaitu font color white dan background black.

Lalu bila anda ingin merubah title pada command prompt untuk menghilangkan kejenuhan atau hanya untuk menambah fantasy, anda dapat merubah title command prompt yang berada pada bagian atas command prompt (biasanya C:\windows/system32/cmd.exe), dengan cara menggunakan sebuah perintah :

command : title


Syntax
title Your title


Anda dapat merubah tulisan pada bagian "Your Title", karena disitu adalah command yang menunjukkan nama title yang kita inginkan.

Bila ukuran kotak dialog yang kecil dan dapat membuat bosan karena ukuran kotak dialog command prompt yang begitu-begitu saja, anda juga dapat merubah ukuran kotak dialog dari command prompt, yaitu dengan cara memberikan perintah :

Command : mode


Syntax
mode width,height


Dimana width adalah angka yang menunjukkan lebar, dan height yang menunjukkan tinggi sebuah kotak dialog command prompt.ex: mode 50,50

Nah, walaupun ini merupakan pengetahuan yang kecil, namun kelak anda pasti akan mengetahui bahwa, anda akan membutuhkan sesuatu yang kecil itu nanti.



sumber:  http://skatel-1chezone.blogspot.com/2009/07/belajar-command-prompt-tampilan.html

- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Belajar Command Prompt (Tampilan)



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Belajar Command Prompt (Tampilan)"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |