Belajar Command Prompt ( File Hidden )



Shy_SkateL

Banyak orang yang menggunakan komputer dan banyak diantaranya hanyalah seorang pengguna komputer yang newbie, newbie dalam artian tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang komputer, mereka umumnya hanya penikmat sebuah program, namun ketika sebuah program dibuat bukan untuk kenyamanan pengguna program ataupun menghilangkan kegunaan sebuah program dan ketika sang pengguna memiliki pengetahuan yang sempit, ini akan menjadi sebuah masalah yang sangat sulit bagi orang itu, karena dia tidak memiliki skill untuk menghindari program yang merugikan tersebut, namun bagi seorang advanced masalah itu hanyalah sebuah masalah kecil yang sangat mudah untuk mengatasinya, karena dia mengetahui pengetahuan yang luas.

Dalam hal ini adalah sebuah file yang di hidden di sebuah komputer, bagi seorang newbie, ketika sebuah data yang cukup penting tidak ada dalam penglihatannya, padahal dia tidak melakukan hal yang membuat file itu hilang, lalu dia menjadi gelisah, khawatir dan menganggapnya sebagai sebuah masalah besar, diapun menyadari bahwa dirinya memiliki ilmu yang kecil dan tak cukup dalam mengatasi masalah tersebut. Karena itu, dia ingin memiliki sebuah pengetahuan yang lebih agar masalah itu terselesaikan. Namun, di duni maya, banyak masalah yang terselesaikan bukan karena skill dari seorang user, melainkan terselesaikan karena sebuah program yang dibuat oleh seorang advanced, ini membuat seseorang yang masih newbie menjadi "malas" dalam mencari ilmu pengetahuan, padahal banyak kemungkinan program tersebut juga merupakan bad program yang berperan sebagai trojan.

Jadi marilah belajar untuk menjadi advanced ( seseorang yang pintar adalah seseorang yang mengetahui apa yang tidak diketahuinya ), advanced bukanlah seorang yang mengetahui semua hal, seorang advanced masih sangat perlu belajar! karena dia masih memiliki sesuatu yang tidak diketahuinya.

Hehehe.... jadi melenceng jauh dari judul :),

Okay, kali ini Shy Skatel akan memberikan cara untuk memunculkan file hidden, atau meng-hidden sebuah file ( menyembunyikan file ) dengan menggunakan command prompt ( CMD / DOS / Batch ). Sebenarnya hidden file ini sangat mudah, namun bila kita tidak mengetahuinya sama sekali, maka ini menjadi sangat sulit, maka dari itu kita belajar agar menjadi mudah :).

Untuk menjalankan Command prompt pada windows anda dapat menggunakan cara berikut :

Cara 1, Start > All program > Accessories > Command Prompt

Cara 2, Start > run > ketik "cmd" > OK ( enter )

Cara 3, Logo Windows+R > ketik "cmd" > OK ( Enter )

Prinsip dari menghidden file ini adalah merubah atribut dari sebuah file / folder agar file / folder tersebut di hidden oleh OS, semula kegunaan file hidden ini adalah agar user tidak merusak file system atau file-file penting. Kita tahu bahwa perintah untuk mengubah suatu atribut file / folder adalah dengan "attrib", namun yang ditanyakan adalah "apa atribut file / folder yang akan di hidden oleh system?" dan "Bagaimana cara mengetikkan perintah pada command prompt agar system merubah atribut file / folder?".

File / Folder yang akan disembunyikan ( hidden ) oleh system adalah file yang memiliki atribut hidden dan file system itu sendiri dimana penanda sebuah file adalah file system, adalah file yang memiliki atribut system, jadi kita dapat membuat file system dengan memrikannya atribut "system".

Cara mengetikkan perintah pada command prompt untuk merubah atribut file adalah "attrib" yang ditambah perintah jenis atribut yang akan diberikan lalu target file yang akan dirubah atributnya.Contoh :


attrib +r "file pentingku.doc"



perintah tersebut akan merubah file bernama "file pentingku.doc" menjadi ber-atribut read-only sehingga file tidak dapat di ubah dan sulit di delete, dimana perintah "+r" adalah perintah untuk menambahkan atribut read-only, lalu disertai lokasi file.

Cara Menghidden File ( Menyembunyikan File )

Untuk menyembunyikan file / folder, kita perlu merubah atribut file / folder tersebut menjadi hidden, perintah agar cmd mengubah atribut file / folder tersebut adalah

attrib +h "nama file.ekstensi"

Apakah sudah cukup jelas?, kalau belum saya akan memberikan cara yang lebih teliti lagi.
Berikut langkah - langkah merubah atribut file menjadi hidden :
1> Masuk ke CMD dengan cara
- Start > All program > Accessories > Command Prompt

- Start > run > ketik "cmd" > OK ( enter )

- Logo Windows+R > ketik "cmd" > OK ( Enter )

2> Masuk ke tempat file / folder tersebut berada
3> Ketikkan attrib +h "[namafile].[ekstensi]"
4> Periksa apakah file sudah terhidden

Catatan :
- Bila Anda tidak masuk pada tempat file / folder berada, anda dapat merubah atribut suatu file dengan menuliskan attrib +h "[lokasi][namafile.[ekstensi]", contoh : attrib +h "D:\Windows/system32/cmd.exe" ATAU attrib +h "Windows/system32/cmd.exe"

- [namafile] adalah nama file yang akan di ubah atributnya, [ekstensi] adalah huruf yang berada dibelakang "titik" ( biasanya tiga huruf ), contoh : gambarku.jpg

Meng-Super hidden-kan File / folder

Sama seperti cara sebelumnya, namun kali ini kita merubah atributnya menjadi system, karena atribut "system" lebih sulit dilihat dari cara sebelumnya.
Berikut langkah - langkah merubah atribut file menjadi system :
1> Masuk ke CMD dengan cara
- Start > All program > Accessories > Command Prompt

- Start > run > ketik "cmd" > OK ( enter )

- Logo Windows+R > ketik "cmd" > OK ( Enter )

2> Masuk ke tempat file / folder tersebut berada
3> Ketikkan attrib +s "[namafile].[ekstensi]"
4> Periksa apakah file sudah terhidden

Catatan :
- Bila Anda tidak masuk pada tempat file / folder berada, anda dapat merubah atribut suatu file dengan menuliskan attrib +s "[lokasi][namafile.[ekstensi]", contoh : attrib +h "D:\Windows/system32/cmd.exe" ATAU attrib +h "Windows/system32/cmd.exe"

- [namafile] adalah nama file yang akan di ubah atributnya, [ekstensi] adalah huruf yang berada dibelakang "titik" ( biasanya tiga huruf ), contoh : gambarku.jpg

Simpelkan?, kebanyakan orang mengira untuk menghidden file itu sulit, itu dikarenakan mereka belum mengetahuinya.Maka dari itu kejarlah ilmu dengan belajar!. =)

Cara Memunculkan File Yang dihidden

Untuk memunculkan file yang di hidden kita harus menghilangkan atribut hidden / system suatu file / folder tersebut, untuk menghilangkan atribut, kita hanya merubah "+" menjadi "-", contoh : attrib -h -s [namafile].[ekstensi]

Pada contoh diatas saya memberikan 2 perintah sekaligus ( -h -s ), yaitu membuang atribut hidden dan system dari sebuah file / folder.

Berikut cara menghilangkan atribut suatu file :
1> Masuk ke CMD dengan cara
- Start > All program > Accessories > Command Prompt

- Start > run > ketik "cmd" > OK ( enter )

- Logo Windows+R > ketik "cmd" > OK ( Enter )

2> Masuk ke tempat file / folder tersebut berada
3> Ketikkan attrib -s -h "[namafile].[ekstensi]"
4> Periksa apakah file sudah muncul.

Catatan :
- Bila Anda tidak masuk pada tempat file / folder berada, anda dapat menghilangkan atribut suatu file dengan menuliskan attrib -s -h "[lokasi][namafile.[ekstensi]", contoh : attrib -h -s "D:\Windows/system32/cmd.exe" ATAU attrib -h -s "Windows/system32/cmd.exe"

- [namafile] adalah nama file yang akan di ubah atributnya
- [ekstensi] adalah huruf yang berada dibelakang "titik" ( biasanya tiga huruf ), contoh : gambarku.jpg


SUMBER: http://skatel-1chezone.blogspot.com/2009/05/belajar-command-prompt-file-hidden.html - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Belajar Command Prompt ( File Hidden )



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

1 Respones to "Belajar Command Prompt ( File Hidden )"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |