Belajar Command Prompt (echo)



Shy_SkateL
Nah, kali ini Shy Skatel akan memberikan cara untuk menggunakan perintah echo dalam command prompt. Bagi yang belum belajar tentang command prompt mungkin dapat belajar tentang pengenalan command prompt yang telah saya posting sebelumnya.

Echo adalah perintah untuk mengeluarkan pesan pada DOS (Disk Operating System),

echo memiliki option atau pilihan "off" dan "on", cobalah buka command prompt lalu ketikkan "echo off", lihatlah yang terjadi.

Yang terjadi adalah path yang berada dibelakang underscore akan menghilang, mungkin ini berguna apabila anda hafal dan ingat dimana anda berada, ini juga berguna apabila anda merekam kegiatan anda pada DOS untuk di publikasikan dan agar mereka tidak mengetahui identitas anda atau user yang anda gunakan. Untuk mengembalikannya seperti semula anda dapat menggunakan option "on", yaitu dengan mengetikkan "echo on" pada DOS, lalu semuanya kembali seperti semula.

Nah, kalau echo yang berguna untuk menampilkan pesan pada command prompt atau DOS, caranya anda dapat memberikan perintah atau command dengan format "echo [pesan]", contohnya ketik "echo Hello World!!!!"
maka akan tampil seperti berikut:

C:\echo Hello World!!!!
Hello World!!!!
C:\_

SUMBER: http://skatel-1chezone.blogspot.com/2009/06/belajar-command-prompt-echo.html - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Belajar Command Prompt (echo)



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Belajar Command Prompt (echo)"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |