Belajar Animasi Flash ( Pengenalan )



Belajar Animasi Flash ( Pengenalan )

Cara Belajar
Shy_SkateL
Animasi banyak diminati oleh anak kecil ataupun remaja bahkan orang tua, mungkin karena bentuknya yang unik, menarik, dan animasinya yang bagus.
Sedikit tentang sejarah animasi, dahulu orang membuat animasi dengan menggunakan kertas yang digambar satu persatu yang saling berhubungan dan menimbulkan efek sebuah gerakan, lalu untuk menggerakkan atau menikmatinya kertas tersebut disusun lalu dibuka satu persatu dengan delay yang cukup singkat, sehingga membuat gambar yang ada pada kertas seperti bergerak, metode ini sama dengan pemutaran film yang diputar menggunakan kamera, yaitu pada klise terdapat gambar yang diberi cahaya dan diputar dengan cepat, sehingga membuat gambar pada klise seolah bergerak dan kerana cahaya yang melewati klise, membuat cahaya tersebut berubah seperti yang ada pada klise dan dapat dilihat oleh penonton dengan memantulkan cahaya ke dinding.
Tentunya membuat animasi sangatlah sulit, karena sang animator harus menggambar gambar yang banyak pada kertas, tentunya semakin lama durasi animasi membuat gambaran yang harus di gambar semakin banyak dan semakin banyak pula kertas yang dibutuhkan, belum lagi tebalnya kertas dan beratnya kertas yang semakin mempersulit.
Kini setelah adanya komputer dan software pembuat animasi, salah satunya macromedia flash, animator menjadi bernafas lega karena dengan adanya software ini animator tidak perlu bersusah payah lagi dalam membuat animasi, sehingga tidak dibutuhkannya lagi kertas yang tebal dan berat, mempersedikit gambaran yang berkali-kali harus dibuat, mudah dalam menikmati animasi tanpa harus membuka lembaran kertas satu persatu.
Nah, kini Shy Skatel akan memberikan cara belajar mengenai software pembuat animasi, khususnya pada program macromedia flash.

Sebelum anda dapat mempraktekkan tutorial yang saya berikan, tentunya anda memerlukan software tersebut, untuk mendownload Macromedia Flash MX Professional anda bisa mendapatkannya disini.

Pada saat pertama anda membuka flash, anda akan diberikan tampilan seperti ini :

cara,belajar,awal,flash

untuk membuat animasi baru, anda dapat memilih "Flash Document" pada bagian "Create New".

Setelah itu anda akan diberikan tampilan seperti ini



Pada gambar saya sudah menandai bagian - bagian yang perlu diketahui dalam flash, berikut penjelasannya :

Pada nomor satu (1) merupakan bagian Tools dapat diakses dengan menggunakan shortcut Ctrl+F2 pada bagian ini berisi peralatan untuk membuat dan mengedit obyek.

Pada bagian nomor dua (2) merupakan bagian Timeline, dapat di akses dengan menggunakan shortcut Ctrl+alt+T bagian ini terdapat, Garis waktu pengaturan animasi dan kontrol obyek, yang berisi layer dan frame.

Pada bagian nomor tiga (3) merupakan bagian Stage, bagian ini merupakan ruangan tempat pembuatan dan pengeditan obyek.

Pada bagian nomor empat (4) merupakan bagian Property, dapat di akses dengan menggunakan shortcut Ctrl+F3, bagian ini merupakan panel informasi dari obyek yang ada di stage.

Pada bagian nomor lima (5) merupakan bagian Panels, pada bagian ini ada beberapa panel yang berfungsi untuk pengaturan obyek, diantaranya Color mixer, Library panel, dan sebagainya.

Dan ada bagian yang merupakan kelebihan dari flash, yaitu bagian Action script, bagian ini dapat diakses dengan menggunakan shortcut F9, pada bagian Action Script terdapat Tempat menuliskan syntax script. Dengan menggunakan script ini anda dapat menaruh logika anda pada animasi yang anda buat, sehingga animasi ini dapat berubah menjadi game.

Agar anda lebih mengenal Flash, anda dapat mencoba bagian - bagian yang saya jelaskan tadi, ini untuk membuat anda lebih mahir dalam langkah selanjutnya :).

Mungkin dengan adanya software ini, anda dapat membuat berbagai animasi, seperti membuat banner animasi, membuat Kartu ucapan elektronik, membuat film kartun, membuat Video asset, membuat Photo slide, membuat Presentasi Multimedia, membuat R.I.A (Rich Internet Applications), membuat FMA (flexible messaging Area), membuat Game, dan banyak lagi kegunaan flash yang lain :).



SUMBER: http://skatel-1chezone.blogspot.com/2009/05/belajar-animasi-flash-pengenalan.html - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Belajar Animasi Flash ( Pengenalan )



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Belajar Animasi Flash ( Pengenalan )"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |