cara membackup Blog di blogger



Pastinya kita ingin kalau blog kita trafficnya tinggi kan, tp kalau udah banyak postingan dan bertrafic tinggi tapi malah blog hilang, sperti yang terjadi pada beberapa blog, contohnya di blog kang rohman ataupun zona tekhnologi, pasti kita bakal kehilangan dan yang terlebay adalah nangis darah mungkin.. hehehe
untuk itu yuk kita backup tulisan2 kita dari blogspot,,
cara back up blog di blogger gak sulit kok, dan fasilitas yang disediakan blooger pun ada, yaitu export blog.

Dengan “Export Blog” kita dapat dengan mudah menyimpan seluruh file dan postingan ke media hard drive seperti harddisk, cd atau usb stick. Langkah-langkah melakukan back up data posting di blogspot, sederhana saja. Sebagaimana berikut ini:

export_blog
  1. Masuk ke dashboard blogspot.
  2. Pilih tab Settings
  3. Pada Settings, pilihlah sub tab Basic
  4. Di baris Blog Tools, pilih link Export blog. Pada menu window yang muncul, klik tombol DOWNLOAD BLOG.
  5. Tunggu proses downloading data hingga selesai. Jika selesai, silahkan cek lokasi di harddisk dimana segala hasil download disimpan. Ciri-ciri filenya adalah tanggal download dilakukan dan berekstensi xml. Contoh nama file seperti ini: blog-08-03-2009.xml

ada juga cara lain, yaitu dengan menggunakan software BloggerBackupSetup yang disediakan secara gratis di CodePlex, kita bukan hanya bisa menyimpan semua konten di dalam blogspot, tetapi juga bisa mengembalikannya ke dalam blogspot. Unduh filenya (dalam bentuk zip) di link ini http://www.codeplex.com/bloggerbackup/Release/ProjectReleases.aspx. Kemudian ekstrak filenya dan jalankan Setup.exe untuk proses instalasi. Setelah proses instalasi selesai, jalankan program Blogger Backup Utility.


Di kotak Available blogs, kliklah Add/Update/Remove Blogs. Isilah Blogger User ID dan Blogger Password dengan username dan password akun blog anda. Lalu klik Log into Blogger and Get Blogs untuk me-listing blog anda. Jika berhasil, maka di kotak Available blogs, akan tercantum semua blog yang anda miliki.

Pilih blog mana yang akan diback-up, kemudian pastikan beberapa opsi yang ada, seperti: lokasi penyimpanan (Save posts to folder), menimpa backup yang telah ada (Overwrite existing backups), menyimpan komentar (Save comments), format penyimpanan (Save posts as), batas artikel setiap file (Maximum posts per file), jumlah artikel terakhir yang akan di-backup (Get only the most recent), dan batasan tanggal yang akan di-backup (Only new posts since). Selanjutnya tekan tombol Backup Posts. Progress bar di bagian kiri bawah akan tampil untuk memperlihatkan proses yang sedang terjadi.

Setelah proses selesai, akan tampil sejumlah judul artikel yang berhasil di-backup di jendela sebelah kanan. Contohnya seperti ini :

Blogger Backup Utility
*) setting default hasil backup anda tersimpan di My Document\Blogger Backup\'

Apabila suatu saat diperlukan, Anda dapat memulihkan backup yang dibuat dan menyimpannya ke dalam blog dengan menggunakan tombol Restore Posts. Selanjutnya pilihlah file yang akan di-restore dan masukkan user ID beserta passwordnya untuk memproses penyimpanan artikel yang telah diaman ke dalam blog. Tekanlah tombol OK untuk memulai proses. Proses penyimpanan ke dalam blog akan tampak pada progress bar yang terletak di kiri bawah program. Jika proses selesai, maka akan muncul status “Done” di sebelah progress bar.
Setelah itu, Anda dapat melihat kembali ke dalam blog. Artikel-artikel yang telah di-backup dan di-restore akan muncul di dalam tampilan blog Anda. Apabila terjadi restore beberapa kali, maka artikel juga akan muncul beberapa kali di dalam blog. Untuk menghilangkan posting yang kembar, Anda dapat menghapusnya melalui menu Edit Posting di dalam akun Blogger. Cukup mudah, bukan? Dengan begitu, tidak perlu ada kekhawatiran lagi apabila terjadi masalah di dalam blog Anda.

Jadi, jangan lupa untuk mem-backup blog kita, sehingga kalau kejadian blog tanpa sengaja terhapus atau sengaja dihapus oleh blogger masih ada cadangan/backup yang terselamatkan.

SUMBER: http://budiawan-hutasoit.blogspot.com/2009/08/backup-data-blogspot-anda-sebelum.html - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: cara membackup Blog di blogger



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "cara membackup Blog di blogger"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |