Panduan bagi pemula: Memahami dan memilih blog



Apa manfaat weblog atau blog. Mana lebih baik membuat blog gratisan atau berbayar. Apa plus-minusnya. Adakah syarat untuk punya situs pribadi seperti blog. Bagaimana cara untuk membangun blog sendiri.
Kalau sudah sering mendengar kata blogging, blogger, ngeblog, mengapa kau tidak bikin blog pribadimu sekarang? Gampang, kok, dan ada yang versi gratisan.
blog mouse Panduan bagi pemula: Memahami dan memilih blogBlog atau lengkapnya weblog adalah jenis situs yang populer karena sifatnya yang interaktif, tampilan menarik, dan mudah dioperasikan. Blogging adalah istilah untuk menyebut hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan ngeblog. Dan blogger adalah orang yang memiliki, mengelola, atau menulis di blog.

Lalu apa manfaat blog?

Banyak. Yang paling sederhana: menambah teman, sebagai pengganti buku catatan harianmu, atau untuk mengembangkan potensi narsisme. Yang lebih serius: sebagai media informasi, contohnya Blog Berita yang sedang kaubaca ini; untuk tujuan politis atau idealisme, misalnya mempromosikan atau membela agama tertentu, mengkampanyekan anti-korupsi, menghimpun dana sosial, mengajak orang agar peduli pada HIV/AIDS, dan seterusnya. Lainnya: untuk berbisnis — misalnya kau jadikan blogmu sebagai toko online, atau menjual ebook alias buku digital.

Apakah blogku bisa dibatasi untuk dibaca orang-orang tertentu saja?

Bisa. Kalau kau bikin blog gratisan di Wordpress.com misalnya, kau bisa mengatur agar blogmu hanya dibaca teman-teman atau keluargamu, yaitu dengan memprotek blogmu dengan password. Tapi jumlahnya dibatasi hanya puluhan orang. Namun akan lebih baik kalau blogmu terbuka aksesnya untuk umum, supaya siapa saja, dari negara mana saja, bisa membaca artikel-artikelmu.

Apa konten atau isi blog?

Semua jenis format media. Blog, sebagai media online, bisa kauisi dengan teks, foto, video, suara, gambar animasi, atau file untuk diunduh seperti lagu-lagu MP3. Situs Internet termasuk blog adalah multi-media.

Apa itu Wordpress?

Wordpress sebagai perangkat lunak atau software, ini jugalah yang kupakai untuk membuat Blog Berita. Wordpress sebagai situs gratisan multi-user, yaitu pada wordpress.com, yang menyediakan blog gratis bagi siapa saja hingga jutaan orang.

Apa perbedaan blog gratisan multi-user dengan blog berbayar?

Blog gratis — Kebanyakan dari jutaan blogger di seluruh dunia memakai jasa blog gratisan, misalnya di wordpress.com dan blogspot.com. Ini sangat cocok untuk pemula yang belum pernah bikin situs pribadi.
Kelebihan blog gratisan: mudah dioperasikan, tidak perlu bayar domain, tidak perlu bayar hosting, tidak perlu membeli template, tidak perlu khawatir soal keamanan data di server, semuanya diurus oleh penyedia jasa.
Kekurangan blog gratisan: domain atau alamat blogmu jadi panjang [misalnya namamu.wordpress.com, tapi bisa kaubeli domain sendiri seperti namamu.net untuk kemudian diteruskan ke alamat asli], tidak bebas untuk memasang iklan dari Google Adsense dan sejenisnya [wordpress.com tidak/belum mengizinkan, tapi di blogspot.com bisa dipasang iklan dari Google], template atau tampilan blog terbatas pada pilihan yang tersedia, blogmu sewaktu-waktu bisa ditutup kalau dinilai melanggar aturan main [misalnya karena konten porno, menjelek-jelekkan agama atau suku tertentu, dll], tidak bisa memasang fitur tambahan seperti plugin-plugin untuk mempercantik atau menambah fasilitas blog.
Blog berbayar — Contohnya Blog Berita. Kelebihan dan kekurangannya adalah kebalikan dari blog gratisan di atas, plus beberapa hal lain. Kita harus membayar domain setiap tahun, membayar hosting setiap tahun, merawat data, menginstall software dan plugin sendiri. Baru saja Blog Berita mengganti template — yang kaulihat sekarang, dengan tampilan bergaya suratkabar — dengan membayar sekitar Rp650 ribu.

Adakah syarat untuk memiliki blog?

Tidak ada. Siapapun bisa bikin blog, tidak dibatasi usia, pekerjaan, atau kewarganegaraan. Banyak anak sekolah yang bikin blog, ibu rumah tangga, selebritis, hingga menteri dan anggota DPR. Tidak akan diminta KTP-mu misalnya. Kalau kau mau bikin blog gratisan, modalnya cuma punya email sendiri, lalu mendaftarlah. Hanya dalam hitungan menit, blogmu akan aktif, lalu kau tinggal mengisinya dengan artikel-artikel atau fotomu.

Menurut Blog Berita, sebaiknya apa yang kupilih: blog gratis atau berbayar?

Kalau kau belum pernah punya situs sendiri, pilihan paling tepat adalah blog gratisan. Murah, meriah, [tidak ikut muntah, ya....]
Di bawah ini lima dari sekian banyak penyedia blog gratisan. Dua yang pertama adalah yang paling banyak dipakai di seluruh dunia, termasuk oleh blogger Indonesia. Sedangkan yang lain adalah asli produk dalam negeri. Klik saja untuk mulai mendaftar, syaratnya hanya punya email.
  • WordPress — Ini yang kurekomendasikan untukmu, karena tampilan dan fiturnya lebih kaya, juga telah mendukung bahasa Indonesia. Kau harus punya email lebih dulu untuk bisa mendaftar, entah email Yahoo, GMail, dll.
  • Blogspot — milik “penguasa Internet” Google. Mendaftar khusus dengan email GMail.
  • Blog Detik
  • DagDigDug
  • Kompasiana — Biasanya untuk penulis-penulis yang sudah berpengalaman dan topik tulisannya serius, seperti wartawan, aktivis, dosen, pengamat politik, dll.
Ayo…, ngeblog. Jangan cuma bengong.



sumber: blogberita - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Panduan bagi pemula: Memahami dan memilih blog



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

1 Respones to "Panduan bagi pemula: Memahami dan memilih blog"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |