Enda: Fatwa Haram Facebook Seperti Lucu-lucuan



AKARTA - Masih banyak yang bisa dilakukan oleh para ulama asal Pesantren Lirboyo, ketimbang harus mengeluarkan fatwa haram terhadap penggunaan Facebook. Bisa jadi ini hanya seperti fatwa lucu-lucuan ala ulama.

Setidaknya, itulah anggapan yang melekat di benak Bapak Blogger Indonesia dan pengamat internet Enda Nasution saat dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Jumat (22/5/2009).

"Tanggung, kalau gara-gara penggunaan Facebook berlebihan, terus dikeluarkan fatwa haram. Sekalian saja penggunaan internet, ponsel, dan semua hal yang berlebihan di fatwa-kan haram," tegas Enda yang juga anggota Facebook aktif.

Enda menilai fatwa itu seharusnya tidak perlu sampai dikeluarkan. Sebab sebelum Facebook itu digunakan, alangkah baiknya para ulama itu mengajarkan budi pekerti yang baik sehingga godaan apapun akan bisa ditangkal dengan iman yang kuat.

Ditambahkan juga, saat ini Indonesia adalah negara yang mempunyai dasar hukum yang jelas. Sehingga, ketika ada sesuatu yang menyimpan, tentunya payung hukum itu akan melakukan tugasnya untuk mengawasi. Dengan sendirinya, fatwa itu jadi tidak perlu lagi dibuat.

"Jadinya kok, fatwa ini malah lucu-lucuan saja. Takutnya para ulama itu tidak lagi mempunyai taji, serta tidak dianggap," cetusnya.

Seandainya pun Facebook memberikan dampak yang negatif di lingkungan pesantren, Enda memberikan solusi berupa pemblokiran di lingkungan yang dimaksud, tidak sampai harus mengeluarkan fatwa haram.

"Kalau memang mengganggu, ya diblokir saja Facebook-nya, sehingga penggunaan internet benar-benar untuk pendidikan di lingkungan pesantren," ujar Enda.

 

 

 

OKEZONE

- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Enda: Fatwa Haram Facebook Seperti Lucu-lucuan



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Enda: Fatwa Haram Facebook Seperti Lucu-lucuan"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |