Telkom Ajukan Ekspansi Penomoran Flexi



JAKARTA - Telkom telah mengajukan permohonan penetapan nomor pelanggan tetap lokal FWA (Telkom Flexi) secara nasional.

Langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi keterbatasan sumber daya nomor eksisting yang antara lain disebabkan oleh pesatnya pertumbuhan layanan prabayar (prepaid). Seperti diketahui, layanan prabayar sangat membutuhkan sumber daya penomoran berdasarkan kondisi pasar yang cenderung memerlukan persediaan nomor perdana cukup besar agar tidak terjadi kelangkaan.

"Untuk menampung pelanggan baru, maka perlu ketersediaan nomor baru, yang dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya memigrasikan nomor eksisting (PSTN) atau melakukan ekspansi nomor baru (untuk FWA). Dari beberapa kemungkinan pilihan, maka ekspansi penomoran dari 10 dijit ke 11 dijit merupakan pilihan yang menurutnya paling tepat. Penomoran dari 10 ke 11 dijit, tidak menyebabkan kerugian bagi pelanggan eksisting telepon kabel (PSTN), karena pilihan tersebut tidak mensyaratkan pergantian nomor bagi pelanggan yang bersangkutan," ujar Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia, melalui keterangannya, Rabu (8/4/2009).

Eddy Kurnia mengakui, pihaknya sering berada dalam posisi yang sangat sulit ketika harus melakukan penggantian nomor pelanggan. Langkah tersebut bagaimanapun akan membuat pelanggan kecewa, karena implikasinya yang tidak sederhana. Berdasarkan catatan, setahun lalu, tepatnya April 2008, Telkom juga pernah melakukan penggantian nomor untuk kode area 0251 yang diperuntukkan bagi wilayah Bogor. Saat itu, Telkom diperkirakan menghabiskan investasi kurang lebih 5 miliar rupiah.

Ekspansi penomoran dari 10 ke 11 dijit, juga tidak banyak memerlukan investasi, karena dalam hal ini yang dibutuhkan hanyalah mengganti aplikasi software agar sistem mengenali 11 dijit nomor pelanggan kendati nomor pelanggan yang bersangkutan berdijit 10.

"Saat ini kami sedang berupaya agar sistem yang dimiliki mempunyai kemampuan mengenali satu dijit terakhir. Dengan kemampuan tersebut, maka pelanggan eksisting (10 dijit) tidak perlu dimigrasikan," papar Edi Kurnia.

Berkembangnya pola layanan prabayar, diakui Eddy Kurnia, telah memacu konsumsi sumber daya penomoran. Saat ini saja, jumlah pelanggan Flexi telah mencapai 13 juta nomor. Diharapkan, hingga akhir tahun terdapat penambahan sekira 3,5 juta pelanggan baru.

Dalam Fundamental Technical Plan (FTP) 2000, nomor lokal dengan kode area dua digit maka jumlah penomoran menjadi 8 digit, dan untuk kode area 3 digit maka jumlah penomoran menjadi 7 digit. Saat ini, di banyak wilayah, pelanggan Flexi masih menerapkan penomoran di bawah 10 digit

- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Telkom Ajukan Ekspansi Penomoran Flexi



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Telkom Ajukan Ekspansi Penomoran Flexi"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |