Minuman Suplemen Dapat Mengikis Gigi



NEW YORK - Saat ini semakin banyak orang menginginkan kebutuhan energi yang lebih. Tak heran, marak bermunculan produk minuman yang mengandung suplemen berenergi untuk menghilangkan dahaga saat habis berolahraga. Namun hati-hati jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi minuman itu, karena didalamnya terdapat zat yang dapat merusak gigi.

Hasil studi NYU College of Dentistry, memperlihatkan bahwa minuman tersebut mengandung banyak acid, zat ini nantinya akan mengikis gigi sedikit demi sedikit serta menyebabkan gigi menjadi sangat sensitif.

"Ini pertama kalinya zat acid dalam minuman olahraga mendapat kritik karena pengaruhnya terhadap kesehatan gigi," ujar ketua tim peneliti, Professor Dr. Mark Wolff yang dikutip dari Softpedia, Senin (6/4/2009).

Menurut peneliti dalam studi ini, lapisan enamel keras dan lembut pada gigi menjadi sasaran utama perusakan oleh zat acid dalam minuman. Lama kelamaan, acid akan menembus lapisan keras dan merambah hingga ke� bagian materi seperti tulang yang berada dibawah gigi.

Jika tidak segera mendapatkan perawatan, hal ini akan mengakibatkan nyeri gigi bahkan gigi copot. Hasil studi mengungkapkan satu dari 15 orang Amerika mengalami kondisi ini, dimana gigi mereka menjadi semakin rapuh dan melunak.

Untuk menguji hal ini, digunakan sampel gigi sapi, yang pertama dicelupkan dalam minuman olahraga sementara yang lainnya hanya dicelupkan pada air murni. Peneliti kemudian menganalisa tingkat pembusukan kedua gigi tersebut.

Hasilnya, gigi yang dicelupkan pada minuman olahraga lebih cepat rusak dan membusuk, sementara yang diberi air murni lebih bertahan lama.

"Lima buah gigi yang dicelupkan kedalam minuman olahraga selama 75 sampai 90 memiliki efek yang sama dengan jika kita mengkomsumsi minuman olahraga secara berlebihan setiap harinya," ujar Wolff.

Beberapa perusahaan minuman ternama pun telah menganalisa hal ini dan mereka pun menemukan hasil yang sama.

Karena itu, Jangan abaikan saran dari ahli berikut, "Untuk mencegah pengikisan gigi, janganlah berlebihan dalam mengkonsumsi minuman olahraga. Setelah meminumnya, tunggu hingga sedikitnya 30 menit sebelum Anda menggosok gigi, karena hal ini akan memperkuat enamel lembut pada gigi," ujarnya.

 

 

 

sumber: okezone.com

- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Minuman Suplemen Dapat Mengikis Gigi



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Minuman Suplemen Dapat Mengikis Gigi"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |