Mayoritas Warga AS Manfaatkan Internet Saat Pemilu



WASHINGTON - Kian hari masyarakat akan cenderung lebih kritis. Perkembangan internet yang kian pesat rupanya turut pula membantu proses pendewasaan masyarakat. Seperti diketahui, internet banyak digunakan untuk berbagai kepentingan salah satunya kepentingan politik.

Pemilihan umum Amerika pada 2008 telah memperlihatkan bahwa internet memiliki peranan penting dalam merangkul masyarakat, untuk turut aktif terlibat dan kritis menanggapi isu-isu politik.

Seperti dikutip Reuters, Kamis (16/4/2009), berdasarkan data Pew Internet dan American Life Project menunjukkan, sebanyak 55 persen masyarakat menggunakan jasa internet. Internet digunakan untuk mencari tahu berita politik, isu yang sedang hangat, mengukur kemampuan calon kandidat politik, dan hal-hal lain berkaitan dengan pemilu.


Sementara itu, berdasarkan survei dari salah satu lembaga independen Amerika, sebanyak 45 persen pengguna internet menonton video online tentang politik atau pemilu, 33 persen lainnya berbagi konten tentang politik dengan sesama pengguna internet, dan sisanya sebanyak 52 persen menggunakan situs jejaring sosial untuk kepentingan politik.

Perkembangan internet sebagai sumber berita politik kian pesat sejak 2000. Pada saat itu 11 persen pemilih berkutat dengan dunia online untuk mendapatkan kabar terbaru seputar perkembangan politik, jumlah itu sekarang meningkat menjadi 26 persen.

Nampaknya, masyarakat terutama kaum muda dan yang memiliki koneksi internet lebih memilih memanfaatkan internet ketimbang media konvensional seperti televisi, radio dan koran.

Seperti yang kita tahu kandidat presiden Amerika dari Partai Demokrat, Barack Obama menggunakan internet untuk menghimpun kekuatan politik melawan rivalnya dari partai Republik, John McCain pada pemilu 4 November 2008.

Survei dilakukan pada 2.254 pemilih dewasa dari 20 November dan� 4 Desember 2008, dengan margin eror sebesar dua persen.

Hasilnya diketahui bahwa sebanyak 26 persen pendukung Obama cenderung lebih aktif berkomunikasi dengan kandidat presiden dan mereka memposting isi pikiran atau konten lain secara online. Sementara pendukung McCain hanya seklitar 15 persen yang berpartisipasi melalui internet.

- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Mayoritas Warga AS Manfaatkan Internet Saat Pemilu



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Mayoritas Warga AS Manfaatkan Internet Saat Pemilu"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |