KPU Gunakan Server Tua, Jumlah dan Spec Tidak Memadai



JAKARTA - Banyak kendala yang menyebabkan IT KPU bekerja tidak maksimal dan cenderung rentan gangguan. Selain kelalaian manusia, kerusakan hardware dan sistem, kurang memadainya technical support dan server sistem juga menjadi alasan yang cukup kuat.

Menurut moderator forum white hacker Yogyafree Nathan Gusti Ryan kepada okezone, Rabu (15/4/2009), sistem statis IT KPU diprediksi kurang tepat untuk digunakan karena update-nya yang lambat. Semestinya, lanjut dia, KPU bisa menggunakan sistem dinamis, semacam database server yang bisa dipisahkan dengan web server, serta menggunakan teknologi Cluster seperti Oracle Real Application Server (Oracle RAC).

"Sistem kerjanya mirip server mainframe dengan konsep high availability paralel server system. Hanya saja Oracle RAC ini mampu menangani input data yang sangat besar dan banyak," ujar Nathan.

Selain itu, lanjutnya, backbone koneksi jaringan juga harus memadai, harus disiapkan backup koneksi yang tepat. Bahkan jika memungkinkan harus dilakukan trunking atau link agregation.

Bagi Nathan, jumlah dan spesifikasi server yang bagus dan memadai tentu akan mendukung kinerja server dalam mengolah data dengan kapasitas yang besar.

"Seharusnya KPU tidak menggunakan server tua, apalagi dengan mendatangkan bala bantuan di saat server KPU sudah diambang kritis," tandas Nathan.

 

sumber: okezone.com 

- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: KPU Gunakan Server Tua, Jumlah dan Spec Tidak Memadai



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "KPU Gunakan Server Tua, Jumlah dan Spec Tidak Memadai"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |