Hewan pun Bisa Stres




BOGOR - Tekanan emosional yang sangat berat dapat menyebabkan stres pada manusia. Namun jangan salah, hewan pun demikian.

Tanda-tanda stres pada hewan memang sulit dikenali, namun jika hewan terlihat lemah, kurang nafsu makan, gelisah, dan mengeluarkan feses yang encer, baiknya segera bawa hewan peliharaan Anda ke dokter hewan untuk penanganan intensif.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan hewan terserang stres. Salah satunya bisa karena ketidaknyamanan hewan akan lingkungan barunya. Hal ini diungkapkan Kepala Pusat Rehabilitasi Hewan IAR Indonesia, AR Darma Jaya Sukmana.

"Hewan pun bisa stres, contohnya ketika hewan-hewan di IAR akan dilepas ke habitat alam. Selama dalam perjalanan, perilaku mereka perlu dipantau. Jika terlihat tanda-tanda stres, kami harus segera memberikan obat anti-stres pada hewan tersebut," ujarnya ketika ditemui okezone di kantornya, di Ciapus, Bogor, Selasa (7/4/2009).

Hal ini pun berlaku jika si pemilik hewan berpindah rumah. Otomatis hewan peliharaan pun akan ikut bersama majikannya. Selama dalam perjalanan hingga sampai ke tempat yang baru, hewan harus beradaptasi dengan lingkungannya.

Karena kepeduliannya yang amat besar terhadap hewan, Darma berpesan bahwa setiap pemelihara binatang harus berkomitmen untuk menyejahterakan hewan peliharaan. Hewan harus diperhatikan kesehatan dan kondisi psikisnya, terutama ketika mereka harus beradaptasi dengan lingkungan baru.

"Hewan pun harus diperlakukan dengan baik. Jika tidak telaten, lebih baik jangan memiliki hewan peliharaan. Kasihan jika hewan tersebut harus terenggut hak-hak kesejahteraannya," katanya.

Seraya berkelakar, penyayang binatang ini pun berkata, "Oleh karena itu, sampai saat ini saya belum mau memiliki hewan peliharaan. Sebagai 'kontraktor', rumah saya masih berpindah-pindah, kasihan kalau hewannya ikut pindahan nanti bisa sakit dan stres" selorohnya. 

 

 

sumber: okezone.com

- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Hewan pun Bisa Stres



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Hewan pun Bisa Stres"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |