Conficker Hingga Pajak, Warnai Spam April



JAKARTA - Spam tiada hentinya menghantui para pengguna internet. Kali ini, selain menakuti pengguna dengan kredit macet, dan conficker yang merajalela, spammer mencoba 'menagih' pajak.

Untungnya, spam bertema pajak ini hanya terjadi di Amerika, bertepatan dengan Hari Pajak pada 15 April kemarin. Mendekati Hari Pajak di Amerika biasanya ditandai dengan peningkatan phishing ke IRS. Spammer terus mencoba berpura-pura sebagai otoritas pajak (IRS), yang menawarkan tawaran pengembalian uang pajak di depan pengguna yang tidak curiga. Otorita pajak Irlandia belakangan ini juga menjadi salah satu korban paling baru.

Dalam laporan spam bulanan Symantec, Kamis (16/4/2009), selain spammer yang menyamar menjadi IRS atau otorita pajak lainnya, Symantec baru-baru ini juga mengamati, spammer telah menawarkan cara untuk menghemat uang persiapan pajak sebagai cara untuk masuk ke inbox pengguna. Spammer menggunakan cara ini untuk mencoba mendapatkan informasi pribadi milik penerima.

Selain itu, terjadi pergeseran dalam tipe Spam tertentu, seperti spam yang menawarkan cara mencari uang dengan cepat, dimana sebenarnya adalah metode menjadi kaya secara cepat dengan membeli� rumah yang disita. Banyak sekali pesan spam saat ini yang menjanjikan cara untuk lolos dari penyitaan.

Conficker pun tidak kalah terkenalnya sebagai spam paling mematikan. April Mop diantisipasi sebagai hari penyebarluasan worm conficker dengan kemungkinan peluncuran ancaman yang besar. Symantec telah menemukan contoh spam yang mencoba untuk memanfaatkan demam Conficker (dikenal juga sebagai Donwadup), dengan menawarkan teknologi software antivirus terbaru yang bertujuan melindungi pengguna dari ancaman Conficker.

Beberapa dari pesan spam ini bahkan menggunakan nama dan gambar software yang mirip dengan Norton Antivirus 2009 Syamntec. Bahkan, spam tersebut menyebut nama dari salah satu karyawan Symantec yang seringkali ditulis di media.

Dalam upaya meningkatkan keuntungan finansial, situs produk dibuat sedemikain rupa sehingga produk tersebut seakan-akan salah satu solusi keamanan konsumen Norton, dengan menggunakan nama Antivirus 2009 dan membandingkan dirinya dengan solusi antivirus lainnya seperti Spybot, Kaspersky, dan AVG. Setelah mengklik link yang ada dalam situs, kami menemukan bahwa link itu langsung mengarah ke situs dimana pengguna segera diberikan arahan tentang cara melakukan pembayaran. Sampai saat ini belum jelas apakah produk tersebut akan tersedia setelah pembayaran. Sekalipun produk yang dijanjikan tersedia, efektivitasnya akan dipertanyakan karena kemungkinan besar itu adalah aplikasi jahat atau software bajakan.

 

SUMBER: OKEZONE.COM

- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Conficker Hingga Pajak, Warnai Spam April



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Conficker Hingga Pajak, Warnai Spam April"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |