Antivirus Bikin Komputer Lelet?



Saya menggunakan antivirus di komputer saya, namun mengapa kinerja dari komputer saya menjadi lambat?

Irwan - Serpong, Tangerang

Jawaban:

Sebelum kita menggunakan antivirus, terlebih dahulu kita harus mengetahui tujuan penggunaan antivirus yang akan kita install di komputer kita, langkah selanjutnya adalah mengetahui secara pasti spesifikasi hardware yang ada di komputer kita karena akan ada keterkaitan dengan sumber daya dari komputer, terakhir pemilihan antivirus, ini menjadi penting karena sebagai user kita harus selektif dalam memilih antivirus, saat ini banyak yang menawarkan antivirus yang gratis, namun kita harus jeli dalam memperhatikan fitur yang dimiliki oleh antivitus gratisan tersebut. Juga banyak sekali yang menawarkan antivirus yang tidak gratis alias menggunakan system license yang memerlukan perpanjangan lisensi pada saat yang ditentukan, dan umumnya adalah 1 tahun sekali atau tergantung dari kesepakatan antara user dengan pihak antivirus.

Mengapa kita perlu mengetahui tujuan pemasangan antivirus? Ini penting karena pada dasarnya antivirus adalah suatu tools yang dibuat untuk melindungi komputer dari malware (malicious software) atau virus. Banyak yang beranggapan bahwa jika komputernya tidak terkena virus, maka tidak perlu memasang antivirus. Tentu pendapat ini benar, tapi bagaimana jika pada saat komputer kita terinfeksi virus yang merusak atau menghapus data kita. Tidak akan banyak manfaatnya antivirus andai kejadian di atas terjadi.

Yang lebih bijak adalah pergunakan antivirus sebagai tools pencegah, tidak ada bedanya antivirus dengan obat, jika penyakit yang ditimbulkan sudah kronis malah hanya akan menambah beban dan tidak akan ada efek penyembuhan seperti yang kita harapkan, karena itu selalu pergunaan antivirus.

Selanjutnya, kita perlu mengetahui spesifikasi hardware. Ini sangat penting karena semua software memerlukan sumber daya dari komputer sehingga software tadi dapat berjalan dengan optimal di komputer kita. Seperti kita ketahui bahwa rekomedasi dari Microsoft untuk instalasi Windows XP SP2 adalah P4 dengan memory 256 MB, tentu akan terasa sangat berat atau lambat kinerja dari komputer jika aplikasi office seperti Microsoft Office 2008 kita install. Maka yang perlu ditambah adalah memory sehingga minimal memory yang ada di komputer kita adalah 512 MB. Pun demikian dengan program antivirus, jadi sebiknya Anda menambah atau mengupgrade memory sehingga kinerja dari keseluruhan sistem menjadi optimal.

Berlanjut ke pemilihan antivirus, apakah gratisan atau berlisensi (original). Terdapat keuntungan dan kekurangan dari antivirus gratisan, keuntungannya pasti dari sisi harga tidak ada budget yang dikeluarkan untuk membeli antivirus gratisan ini, cukup meng-copy dari teman atau bisa download langsung dari websitenya langsung dengan update pattern terbarunya. Lantas dimana kerugiannya? Malware atau virus memiliki banyak varian atau macam, seperti virus, worm, trojan, spyware, adware, pornware, rootkit sampai pada spam. Antivirus gratisan hanya melakukan proteksi untuk virus, worm, dan spyware. Sementara malware lain akan lolos dari monitoring antivirus gratisan ini. Hal lainnya yang menjadi kekurangan adalah masalah support jika terdapat varian virus baru yang tidak terdeteksi dan membahayakan (merusak data dan sistem komputer), kemana kita akan menanyakan cara penanganannya sampai pengiriman sample dari virus tersebut sementara kita tidak tahu sumber atau trigger dari virus tersebut.

Untuk produk antivirus berlisensi (original) keseluruhan hal di atas sudah dicover sehingga kita sebagai user merasa diperhatikan dan mendapat support. Namun, sekali lagi perlu tips-tips untuk memilih antivirus yang original :
1. Support lokal
2. Kemudahan update (online atau offline yang dapat didownload)
3. Kecepatan respons atau penanganan terhadap varian virus baru
4. Harga yang kompetitif
5. Fitur yang dimiliki oleh Anti-Virus tersebut (multiple enginee)
6. Kemudahan instalasi dan konfigurasi

Kesimpulan dari pertanyaan Anda adalah :
1. Perhatikan spesifikasi dari komputer anda, upgrade atau penambahan komponen yang memerlukan
2. Setting atau konfigurasi dari antivirus
3. Remove program-program yang tidak terpakai namun masih dijalankan oleh sistem
4. Lakukan scanning, karena salah satu akibat dari virus adalah kinerja komputer menjadi lambat

Mohammad Taufik
Technical Consultant
PT Inovasi Lintas Media
www.inovasi.co.id
www.f-secure.com
E: support@inovasi.co.id
(//mbs) 

 

 

sumber: okezone

- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Antivirus Bikin Komputer Lelet?



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

1 Respones to "Antivirus Bikin Komputer Lelet?"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |