Simpanse Lebih Kuat dari Manusia



NEW YORK - Serangan kasar seekor simpanse terhadap seorang wanita di Connecticut bulan lalu mengingatkan kita bahwa simpanse memiliki kekuatan empat kali lebih kuat dari manusia.

Alasannya, seperti yang dikemukakan hasil studi terbaru bahwa kita lebih banyak menggunakan penggerak ketangkasan.

Menurut Alan Walker dari Penn University, manusia kalah kuat dibandingkan dengan simpanse karena sistem pengatur kegelisahan kita lebih banyak mengontrol otot.

Kontrol penggerak tubuh mencegah manusia melakukan sesuatu dengan kekuatan penuh, namun memungkinkan melakukan pekerjaan dengan halus dan unik, demikian keterangan Walker dalam Journal Current Anthropology yang dikuti Reuters, Selasa (31/3/2009).

Hipotesis Walker ini senada dengan penemuan ahli primatologi Ann MacLarnon, yang menyebutkan hubungan terhadap massa tubuh. Berat otak kecerdasan simpanse lebih ringan pada bagian spinal cord jika dibanding dengan manusia. Spinal pada otak kecerdasan tersebut banyak berisi syaraf pengerak yang menghubungkan serat otot dengan pergerakan otot.

Sementara itu, simpanse tidak memiliki ketangkasan penggerak yang baik. Faktanya, studi terpisah Januari lalu membenarkan adanya hubungan dengan daerah otak baru yang berkembang pada manusia dan primata lain.

Lebih besar massa kecerdasan otak, berarti lebih banyak mengandung syaraf penggerak. Sebaliknya, lebih banyak syaraf penggerak menghasilkan lebih banyak pengatur otot, pungkas Walker. (jri) 



sumber: okezone.com 

- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Simpanse Lebih Kuat dari Manusia



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Simpanse Lebih Kuat dari Manusia"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |