Sex.com, Domain Termahal di Dunia !



Berapa harga nama "toys" di internet? Ratusan ribu? Jutaan? Saat Gary Kremen mendaftarkan nama Sex.com pada 1994, dia tidak perlu keluar uang banyak. Tapi nama itu kini ada yang bersedia membelinya seharga US$ 14 juta (Rp 154 miliar).

Toys 'R' Us, pekan lalu mau merogoh kocek sedalam US$ 5,1 juta (Rp 56,1 miliar) hanya untuk membeli nama domain Toys.com. Rekor ini menempatkan Toys.com dalam 10 nama domain paling mahal di dunia. Analis industri menilai harga sebesar itu sebenarnya terhitung ‘murah’.

"Itu karena sedang resesi. Aku kira bisa lebih tinggi lagi,” kata Ron Jackson penerbit publikasi Domain Name Journal. Jika ekonomi sedang baik, kata Jackson nama itu bisa laku US$ 7 juta hingga US$ 8 juta.

Kata umum semacam ‘toys’ bisa sangat mahal, karena kata kunci itu sering digunakan pada mesin pencarian. Ratusan ribu bahkan jutaan orang mungkin saja memasukkan kata itu di Google, dan bisa menghasilkan trafik yanag luar biasa ke situs Toys.com. “Itu seperti memiliki toko di pusat perbelanjaan. Nama itu nilainya luar biasa,” tambah Jackson.

Beberapa nama domain laku terjual lebih mahal. Business.com sebesar US$ 7,5 juta dan Wine.com US$3 juta. Angka itu memang masih kalah dari sex.com yang terjual pada 2007 senilai US$ 14 juta atau juga porn.com yang laku US$ 9,5 juta.

Investasi besar yang dikeluarkan ToysRUs menunjukkan perusahaan itu sangat serius menjadi retailer online. Business development manager Sedo penyedia nama domain mengatakan nama domain terus turun akibat resesi ekenomi. Namun makin banyak perusahaan kecil dan menengah yang membeli domain.

“Penjualan bisa naik tiga kali lipat jika hadir secara online. Kehadiran ToysRUs secara online bisa sebagai branding ulang dan menunjukkan kehadirannya secara lebih luas. Nama Toys.com akan membuat berada di puncak pencarian dan memberikan pengenalan secara kuat,” katanya.

Pelelangan Toys.com dilakukan pekan lalu dan diikuti banyak peminat. Namun saat harga mencapai US$ 3 juta, hanya tinggal dua penawar tersisa yaitu ToysRUs dan National A-1 Advertising. Domain itu sebelumnya dilelang dan dimenangkan perusahaan bernama Faculty Lounge senilai US$ 1,25 juta

Nama domain paling mahal hingga kini masih dipegang oleh Sex.com senilai US$ 14 juta. Pemiliknya yang beruntung adalah Gary Kremen. Ia mendaftarkan nama itu pada 1994 yang pada saat itu dia tidak perlu keluar uang banyak.

Sex.com menjadi headline besar pada 1995 saat dicuri oleh Stephen Cohen dan dia membangun kerajaan pornografi. Setelah bertarung lama di pengadilan, kepemilikan dikembalikan ke Kremen pada 2000. Saat Cohen didenda untuk membayar ganti rugi senilai US$ 65 juta, ia menghilang sejak saat itu.

Sex.com dijual ke perusahaan pakaian AS bernama Escom. Banderolnya dua kali lipat dari nama domain termahal pada saat itu business.com senilai US$ 7,5 juta. Nama domain lain yang tercatat paling mahal adalah Fund.com senilai US$ 9,99 juta. Sedangkan Porn.com dan Diamonds.com mencapai US$ 9,5 juta dan US$ 7,5 juta.
Nama minuman Vodka.com dan CreditCards.com laku US$ 3 juta dan US$ 2,75 juta. Sementara Computers.com US$ 2,1 juta, Seniors.com, US$1,8 juta, dan DataRecovery.com $1,66 juta. Sementara Cameras.com dan Tandberg.com US$ 1,5 juta. Apakah kira-kira Sby.com atau Jk.com laku tinggi jika dijual?

inilah.com
- Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Sex.com, Domain Termahal di Dunia !



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Sex.com, Domain Termahal di Dunia !"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |