Founder Google Hanya Digaji USD1



SAN FRANSISCO - Siapa sangka, ternyata pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin, serta salah satu CEO-nya Eric Schmidt, hanya digaji sekira USD1 per bulan.

Gaji yang sangat rendah itu berhasil diketahui setelah Google melakukan paparan di hadapan regulator. Herannya, temuan tersebut sama sekali tidak terlalu mencengangkan bagi regulator, media maupun peserta yang hadir.

Dilansir melalui Sidney Morning Herald, Rabu (25/3/2009), diketahui bahwa Page, Brin dan Schmidt telah digaji oleh Google sejak kemunculan perusahaan internet itu pada tahun 2004. Selain hanya digaji sekira USD1, trio Google itu juga tidak mendapatkan bonus maupun reward, seperti yang didapat para pegawai Google yang saat ini berjumlah sekira 20.000 orang.

Gaji rendah dan ketiadaan bonus ini dianggap wajar oleh sebagian pengamat. Hal ini dikarenakan Page dan Brin, yang menemukan Google pada tahun 1998, merupakan pemegang saham Google terbesar, dengan 29 juta saham untuk masing-masing.

Sedangkan Schmidt, telah dinobatkan oleh Page dan Brin sebagai CEO dengan iming-iming kepemilikan saham cukup besar. Selain itu, Schmidt juga mendapatkan keuntungan tambahan sekira USD508,763 pada tahun lalu yang digunakan untuk meng-cover tagihan-tagihan personal dirinya yang mencapai USD402,562. Tahun lalu, Google juga menghabiskan dana sekira USD106,201 hanya untuk membayarkan biaya penyewaan pesawat pribadi untuk transportasi keluarga dan teman Schmidt.

"Membatasi gaji mereka hingga hanya USD1 bukanlah sebuah pengorbanan yang berarti bagi Schmidt, Brin dan Page. Apalah artinya gaji USD1 jika mereka telah menjadi multimilyuner dengan fasilitas terjamin dari Google yang memiliki keuntungan meningkat hingga delapan kali lipat sejak tahun 2004 hingga sekarang," ujar seorang analis internet melalui sumber yang sama.



sumber: okezone.com - Reviewer: Miftah Farid - ItemReviewed: Founder Google Hanya Digaji USD1



Artikel Terkait:




Ayo Berkomentar di Blognya Anak Gaptek...

0 Respones to "Founder Google Hanya Digaji USD1"

 

© 2012 TerGapteK.Com All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info n Modified by Blogger TerGaptek |